Kanal

KAMMI Inhu Dukung Pengusutan Tindak Pidana Korupsi PT DPG

RIAUIN.COM - Kesatuan Aksi Mahasiswa Muslim Indonesia (KAMMI) Komisariat Sultan Mahmudsyah Indragiri Hulu, Provinsi Riau, mendukung Kejaksaan Agung Republik Indonesia mengusut tuntas Tindak Pidana Korupsi yang dilakukan oleh PT Duta Palma Group (DPG).

Adapun perusahaan perkebunan kelapa Sawit Di Inhu yang tergabung dalam DPG tersebut yakni PT Kencana Amal Tani, PT Seberida Subur, PT Panca Agro Lestari, PT Palma Satu dan PT Banyu Bening Utama.

"Dugaan tindak pidana korupsi ini sudah tentu melukai hati masyarakat. Apalagi sumber daya alam yang sangat melimpah akan tetapi dikuasai dengan cara bertentangan dengan hukum," ujar Rajinta Sinaga, Koordinator Kebijakan Publik KAMMI Komisariat Sultan Mahmudsyah Indragiri Hulu, Senin (29/8/2022).

Dikatakan, pihaknya mengajak seluruh masyarakat dan pemangku gerakan sosial untuk membuka mata menanggapi kasus ini.

"Ketika ini dibiarkan terus-menerus masyarakat akan rugi, dan alam Inhu yang asri ini suatu saat hanya akan menjadi sebuah cerita," ujarnya 

Oleh sebab itu, KAMMI Komisariat Sultan Mahmudsyah Indragiri Hulu menyatakan sikap sebagai berikut: Pertama, menuntut dan mendukung Kejaksaan Agung mengusut tuntas Mega korupsi yang dilakukan oleh PT Duta Palma Group; Kedua, mendesak Kejaksaan Agung mengungkap aliran dana tindak pidana korupsi PT Duta Palma Group; Dan yang ketiga, melakukan pemeriksaan terhadap para pejabat pemerintah yang diduga terlibat.

Sebagaimana berita sebelumnya, Kejagung RI sudah menetapkan dua orang tersangka terkait tindak pidana korupsi dan tindak pencucian uang dalam pelaksanaan kegiatan PT Duta Palma Group di kabupaten Indragiri Hulu. Keduanya adalah SD pemilik PT Duta Palma dan RTR Mantan Bupati Indragiri Hulu tahun 1999-2008.

Kedua tersangka ini, diduga melakukan kesepakatan dengan untuk mempermudah dan memuluskan perizinan kegiatan usaha budidaya perkebunan kelapa sawit hingga penerbitan hak guna usaha (HGU) dengan cara melanggar hukum. - rls

Ikuti Terus Riauin

Berita Terkait

Berita Terpopuler