Kanal

Wujud Dedikasi Bagi Warga, Polda Riau Salurkan 10 Ribu Paket Sembako

RIAUIN.COM - Polda Riau melaksanakan acara Bakti Sosial (Baksos) dan Bantuan Sosial (Bansos) serentak se-Indonesis dalam rangka peringatan Hari Bhayangkara ke-76 yang jatuh pada 1 Juli 2022 mendatang, Senin (20/7/2022).

Khusus di Riau, kegiatan dilaksanakan di Mapolda Riau Jalan Pattimura, Kelurahan Cinta Raja, Kecamatan Sail, Kota Pekanbaru. Kegiatan ini mengusung tema 'Polri yang Presisi Mendukung Pemulihan Ekonomi dan Reformasi Struktural untuk Mewujudkan Indonesia Tangguh - Indonesia Utuh.

Sebanyak ribuan Bansos yang didistribusikan oleh Polri dan jajaran yang terdiri dari paket sembako diserahkan kepada seluruh masyarakat yang membutuhkan.

Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Kapolri) Jenderal Listyo Sigit Parbowo saat teleconference mengatakan, kegiatan Bansos dan Baksos ini dilaksanakan secara serentak pada 34 provinsi di Indonesia yang tersambung secara virtual.

Menurutnya, hari ini dilaksanakan dua kegiatan secara serentak yakni bakti reliji atau bakti sosial dalam rangka meningkatkan nilai-nilai toleransi terutama antara Polri dan seluruh elemen agama yang ada di seluruh Indonesia.

"Kita semua melaksanakan bermacam-macam kegiatan bersama-sama berbagai tempat ibadah yang ada di Indonesia. Dan ini sebagai upaya kami, upaya kita semua untuk terus meningkatkan kerjasama dengan seluruh tokoh-tokoh agama khususnya dalam kegiatan-kegiatan kita dalam kegiatan moderasi beragama. Sebagaimana kita ketahui bahwa sebentar lagi kita akan menghadapi kegiatan tahun politik dimana pengalaman dari tahun sebelumnya, banyak sekali hal-hal yang kemudian menggunakan ataupun memanfaatkan politik identitas dan itu berdampak terhadap polarisasi, berdampak terhadap perpecahan bagi kita semua ," ujar Sigit melalui teleconference.

Dikatakan Kapolri, Indonesia yang dikenal sebagai bangsa yang sangat toleran bisa ternodai. Kapolri berharap, ditahun ini niali-nilai toleransi tersebut harus terus dijaga dan tingkatkan.

"Tentunya persatuan dan kesatuan harus kita jaga karena itu adalah modal kita untuk membawa Indonesia menjadi negara dan bangsa yang lebih baik," harapnya.

Dijelaskan Kapolri, dalam kegiatan kali ini, kurang lebih 11.833 tempat ibadah yang melaksanakan kerja bakti, perbaikan dan melaksanakan kegiatan Bansos di seluruh Indonesia.

Terpisah, Kapolda Riau Irjen M Iqbal mengatakan, konsep Polri pada hari Bhayangkara ke-76 didedikasikan kepada kegiatan-kegiatan sosial.

"Hari ini disaksikan bersama acara bakti sosial atau bakti religi di tempat-tempat ibadah. Ini terkandung maksud bahwa konsep Hari Bhayangkara tersebut adalah bagaimana kita bermanfaat. Institusi Kepolisian Negara Republik Indonesia, sekali lagi harus bermanfaat bagi seluruh masyarakat, bangsa dan negara," ujar Irjen M Iqbal di Mapolda Riau.

Menurutnya, bersama seluruh elemen masyarakat dan TNI kita dapat mengelola situasi keamanan negara pada situasi pandemi yang saat ini diseluruh nusantara sudah melandai. Bagaimana TNI dan Polri dan seluruh elemen masyarakat bergandengan tangan, bahu-membahu sehingga pandemi bisa diantisipasi.

"Buktinya, tidak sekedar bicara bahwa Negara Kesatuan Republik Indonesia dapat dikategorikan 5 terbaik di dalam mengelola pandemi di seluruh dunia," tegasnya.

Menurutnya, keberhasilan ini merupakan konsep dari Bhineka Tunggal Ika dan kebersamaan yang selama ini dipupuk oleh pendiri bangsa (the founding father) Indonesia.

Untuk diketahui, Polda Riau dan jajaran, pada hari ini menyalurkan sebanyak 10.000 paket sembako yang akan disalurkan kepada anak-anak yatim piatu, kaum dhuafa, buruh atau karyawan korban PHK, panti jompo, petugas kebersihan, kaum disabilitas, purnawirawan, ojek online, ojek pangkalan, sopir dan beberapa elemen masyarakat yang membutuhkan.

Disebut Kapolda, ada 14 lokasi pelaksanaan Baksos dan Bansos tersebut. Khusus Polda Riau melaksanakan Baksos di 8 mesjid, 4 gereja, 1 vihara dan 1 pura. Sementara untuk Polres dan jajaran melaksanakan Baksos di 113 mesjid, 47 gereja, 10 vihara dan 1 pura.

"Berbagai jenis sembako walaupun tidak mencukupi, tetapi inilah dedikasi kami bahwa Hari Bhayangkara betul-betul kami dedikasikan kepada hal-hal yang bermanfaat. Bukan sekedar menciptakan pemeiharaan Kamtibmas, tetapi ingin melindungi, melayani, mengayomi masyarakat lewat kegiatan2 bakti sosial," tutupnya.

Adapun 14 penerima Baksos dan Bansos yang diberikan Polda Riau dan jajaran adalah, 8 mesjid menerima 40 paket bantuan, 4 gereja menerima 20 paket, 1 Pura menerima 5 paket, 1 klenteng menerima 5 paket, yatim piatu, kaum dhuafa menerima 175 paket, buruh korban PHK 125 paket, panti jompo, sosial dan panti asuhan 70 paket, awak media 100 paket, petugas kebersihan 125 paket, kaum disabilitas 40 paket, purnawirawan atau warakauri Polri-TNI 125 paket, Ojol, Opang, Sopir 120 paket, giat anjangsana 25 paket, dan pengurus Bhayangkari 25 paket.-dnr

Ikuti Terus Riauin

Berita Terkait

Berita Terpopuler