Kanal

Petugas Mulai Pasang STB ke Rumah Warga, Penerima: Alhamdulillah Siarannya Bagus

RIAUIN.COM - Pendistribusian dan pemasangan Set Top Box (STB) dalam rangka migrasi siaran tv analog ke digital telah dimulai. Pada tahap pertama ini, warga Pekanbaru menerima 5007 unit STB secara cuma-cuma dari TVone.

Petugas Distribusi dan pemasangan STB TVone, Agung Kurniawan mengatakan, pemasangan STB telah dimulai sejak Senin (18/4/2022) kemarin dan ditargetkan sebanyak 200 unit STB terpasang hingga akhir April nanti. 

"Kami mulai dari kemarin, khususnya di Kelurahan Tangkerang Selatan yang ditujukan untuk Program Keluarga Harapan. Ini datanya sudah ada, kami tinggal mencari alamat para penerima manfaat," ujar Agung kepada Riauin.com, Selasa (19/4/2022) siang.

Dijelaskan Agung, untuk pemasangan STB ke rumah-rumah warga, pihaknya menurunkan 3 tim yang bisa menyelesaikan sekitar 10-15 STB per hari.

"Kalau cuaca bagus, 10-15 (STB, red) per hari dipasangkan, distribusi dan instalasi.," jelas Agung.

Agung menyebut, dalam pendistribusian dan pemasangan STB tersebut, pihaknya mengalami kendala pada pencarian alamat, dimana penerima manfaat ada yang berpindah domisili ke tempat lain.

"Kalau kendala, alamat di data itu kan kadang ada warganya ada yang pindah dan alamat ada yang nggak lengkap. Kedua, masalah perangkat tv, mungkin karena tv-nya udah lama mungkin remotnya hilang. Cuman kami sudah diberikan cadangan remote sama antena. Jadi kalau warga yang tidak ada remote, kami punya remote cadangan," paparnya.

Salah seorang warga penerima manfaat STB bernama Irma Hasnimar, warga Jalan Mekar Sari Gang Ikhwan RW 009 RT 001 Kelurahan Tangkerang Selatan, Kecamatan Bukit Raya, Kota Pekanbaru mengaku sangat bersyukur atas bantuan ini.  Ia menyebut, hasil tampilan gambar yang dihasilkan setelah menggunakan STB jauh lebih tajam dan jernih.

"Alhamdulilah (siarannya, red) bagus, meskipun ada beberapa program tv yang belum masuk, mudah-mudahan mereka juga ikut bergabung ke siaran pemerinta," ujar Irma.

Untuk diketahui, selain Kota Pekanbaru, bantuan pemerintah tahap pertama ini disalurkan untuk 3 Kabupaten/Kota di Riau lainnya, yakni Kabupaten Bengkalis 12.163 unit, Kabupaten Kepulauan Meranti 12.666 unit, dan Kota Dumai 7.402 unit.

Jumlah set top box yang disiapkan untuk tahap pertama sebanyak 3.202.470 unit, dengan rincian sesuai pembagian sumber penyediaan terdiri dari, 893.044 unit dari grup SCM (SCTV dan Indosiar).

Selanjutnya, 842.631 unit dari grup MNC (RCTI dan Global TV), 454.749 unit dari grup Trans Media (Trans TV dan Trans7), 519.930 unit dari grup Media (Metro TV), 368.990 unit dari grup RTV, dan 87.277 unit dari Pemerintah.-dnr

Ikuti Terus Riauin

Berita Terkait

Berita Terpopuler