Kanal

Antisipasi Kebakaran di Bulan Ramadhan, DPKP Inhil Keliling Beri Imbauan Kepada Masyarakat

RIAUIN.COM - Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (DPKP) Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) kembali berkeliling memberikan imbauan kepada masyarakat terkait upaya mencegah terjadinya kebakaran, Kamis (7/4/22).

Dengan menggunakan mobil dan motor damkar, petugas berkeliling menyampaikan imbauan Bupati Inhil HM Wardan tentang bahaya kebakaran di bulan suci Ramadhan ini.

Dipimpin langsung oleh Kepala DPKP Inhil Drs H Eddiwan Shasby MM, petugas patroli menjelajahi jalan hingga ke pelosok lorong untuk mengantisipasi kelalaian warga dalam melakukan pencegahan kebakaran.

"Di bulan suci Ramadhan ini kita tau jadwal masyarakat sangat padat, maka dari itu segala sesuatu harus diperhatikan. Tingkat kerawanan terjadinya kebakaran saat bulan suci Ramadhan lebih tinggi dibandingkan bulan-bulan lain," ujarnya.

Berkaca dari sejumlah peristiwa, lanjut Eddiwan, pemicunya karena adanya kelalaian dari pemilik rumah dan pemilik bangunan. Pengalaman ini tentunya menjadi pelajaran masyarakat untuk meningkatkan kewaspadaan.

Kebakaran bisa mengancam siapapun dan kapanpun. "Kami minta masyarakat juga untuk terus waspada, dengan harapan agar tahun ini jumlah kasus kebakaran dapat diperkecil," tambahnya.

Menurutnya, penggunaan alat-alat pemicu kebakaran seperti kompor dan listrik pada bulan puasa ikut meningkat. Penggunaan listrik yang tinggi terkadang tidak disertai dengan instalasi listrik yang memadai.

Selain itu, penggunaan kompor pada saat bulan puasa juga meningkat. Hal itu, karena ibu rumah tangga harus memasak hidangan sahur dan berbuka untuk keluarga. Saat itu, masyarakat terkadang lalai.

"Misalkan meninggalkan kompor dalam keadaan menyala, lalu yang bersangkutan ketiduran, itu menjadi faktor pemicu kebakaran," terangnya.

Kemudian, Eddiwan juga berpesan kepada masyarakat agar tidak membakar sampah dan ilalang sembarangan tanpa ada pengawasan dan ditambah dengan suhu udara dan cukup tinggi.

Selain memberikan imbauan, pihaknya juga membagikan Imsakiyah Ramadhan dan Kartu Kontak Damkar, sehingga jika nantinya terjadi kebakaran masyarakat dapat menghubungi nomor tersebut.

"Saya juga mengimbau kepada masyarakat, bila merasa terganggu dengan binatang liar dan berbahaya segera hubungi kontak Damkar agar bisa ditangani oleh tim. 

Pelayanan Kebakaran dan Non Kebakaran Dinas Pemadam kebakaran dan Penyelamatan Kabupaten Inhil Gratis!! 

076824488

Ikuti Terus Riauin

Berita Terkait

Berita Terpopuler