Kanal

Drama 3 Kartu Merah, Timnas Indonesia Paksa Singapura Menyerah

RIAUIN.COM - Timnas Indonesia berhasil lolos ke final piala AFF setelah secara dramatis membungkam Singapura dengan Skor 4-2 (5-3) pada Leg kedua semifinal Piala AFF 2020 yang berlangsung di Nasional Stadium, Sabtu (25/12/2021). Kemenangan ini diraih setelah Timnas Indonesia bersusah payah menjinakkan Singapura dalam babak perpanjangan waktu. 

Dalam pertandingan kali ini, wasit mengkartu merah 3 pemain Singapura karena melakukan tindakan yang membahayakan pemain Indonesia. Pemain pertama yang dikeluarkan wasit adalah S. Baharuddin di menit 45+2, I. Fandi 67' dan penjaga gawang Hasan Sunny di menit 119'.

Jalannya pertandingan

Anak-anak asuhan Shin Tae Yong sempat unggul pada babak pertama. Gol bagi Timnas Merah Putih dicetak oleh E. Willian pada menit ke 11. Sementara Gol penyeimbang bagi Singapura dicetak oleh Song UI Young dimenit 45+4.

Dua menit sebelumnya, pemain Singapura S. Baharuddin diganjar kartu merah setelah dua kali menerima kartu kuning. Berkurangnya pemain tidak menyurutkan semangat Singapura untuk bertanding.

Pertandingan berjalan semakin memanas dan ketat, membuat pemain Singapura melakukan pelanggaran keras. Petaka kembali datang bagi Timnas Singapura, di menit 67 Fandi diusir wasit setelah melakukan pelanggaran keras terhadap Irfan Jaya.

Bermain dengan 9 orang pemain, Timnas Singapura kembali mengejutkan pemain Indonesia. Shahdan Sulaiman mencetak gol indah lewat tendangan bebas melengkung dari luar kotak penalti di menit ke-74. 

Indonesia mampu menyamakan kedudukan di menit ke-84. Pratama Arhan mencetak gol setelah menyambar bola rebound, skor 2-2 bertahan hingga babak kedua usai dan dilanjutkan dengan perpanjangan waktu.

Pada babak pertama perpanjangan waktu, Indonesia mampu menambah gol di menit ke-91. Egy yang melakukan pergerakan menusuk ke dalam kotak penalti, melepaskan tendangan yang gagal di halau kiper Singapura. Hasil sepakannya kena pemain belakang Shawal Anuar dan mengubah arah bola sehingga bergulir ke gawangnya sendiri, 3-2 Indonesia memimpin.

Dipenghujung babak tambahan pertama, Egy Maulana Vikri akhirnya mampu mencetak gol. Berawal dari kemelut di depan gawang, bola hasil tendangan penjuru Evan Dimas jatuh di kaki Egy. Bola yang sudah di depan gawang disambar oleh pemain bernomor punggung 10 ini. Untuk sementara Indonesia unggul 4-2 dari Singapura.

Pada menit 119' kehancuran Singapura bertambah dalam, penjaga gawang Hasan Sunny diusir wasit setelah melakukan pelanggaran keras pada Irfan Jaya di luar kotak penalti. Ini membuat Timnas Singapura bermain dengan 8 orang dan posisi penjaga gawang digantikan Ikhsan Fandi.

Hingga babak kedua perpanjangan waktu usai, skor tidak berubah 4-2 bagi keunggulan Indonesia dan memastikan satu tempat di Final Piala AFF 2020.

Susunan pemain

Indonesia: Nadeo Argawinata, Rizky Ridho (Elkan Baggott 65'), Pratama Arhan, Asnawi Mangkualam, Fachrudin Aryanto, Alfeandra Dewangga, Witan Sulaeman, Rachmat Irianto (Evan Dimas 97'), Ricky Kambuaya (Egy Maulana 66'), Ramai Rumakiek (Irfan Jaya 66'), Ezra Walian (Hanis Saghara 54')

Singapura: Hassan Sunny, Zulqarnaen Suzliman, Irfan Fandi, Safuwan Baharudin, Nur Adam Abdullah, Shahdan Sulaiman, Hariss Harun, Song Uiyoung, Hami Syahin (Shawal Anuar 60'), Hafiz Nor (Faris Ramli 61'), Amy Recha (Ikhsan Fandi 60').-dnr

Ikuti Terus Riauin

Berita Terkait

Berita Terpopuler