Kanal

4 Desa di Rohul Terendam Banjir, Achmad Hubungi Kepala BNPB Turunkan Bantuan

RIAUIN.COM - Setidaknya empat desa di Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) yakni Desa Lubuk Bilang, Desa Rambah Samo, Desa Lubuk Napal dan Desa Teluk Aur setinggi direndam banjir setinggi 1,5 meter. Hal ini menjadi keprihatinan anggota DPR RI, H Achmad.

Achmad langsung menghubungi Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Mayjen TNI Suharyanto. Kepada BNPB, mantan bupati Rohul ini meminta bantuan paket sembako untuk masyarakat terdampak bencana.

"Masyarakat yang terdampak banjir tidak mungkin lagi memikirkan perut mereka karena sibuk menyelamatkan rumah. Karena itu saya meminta BNPB untuk mengirimkan 3.500 paket sembako ke Rohul. Alhamdulillah permintaan kami langsung disambut baik Kepala BNPB dan langsung ditindaklanjuti," ujar Achmad, Sabtu (25/12/2021).

Achmad yang berasal dari Dapil Riau I meliputi Rokan Hulu mengungkapkan keprihatinannya atas musibah banjir yang terjadi. Ia mengimbau masyarakat kuat dan bersabar, dan meminta Pemprov Riau segera mengirim bantuan ke Rohul.

"Saya sangat prihatin dan mendoakan saudara-saudara kita di Rohul kuat dan sabar menjalaninya. Saya juga meminta Pemprov Riau segera bertindak cepat, " ujar Anggota DPRI RI Komisi VIII dari Fraksi Partai Demokrat ini.

Banjir di Rohul disebabkan oleh curah hujan tinggi yang mengakibatkan dua sungai yang berada di sekitar desa meluap. Sebelum merendam pemukiman warga Lubuk Napal, terlebih dahulu merendam Desa Lubuk Bilang. 

Jika ditotalkan ada sekitar 800 rumah dari 4 desa yang terendam banjir dengan 1.000 lebih kepala keluarga. Sedangkan warga Desa Lubuk Napal sekitar 270 kk di dua dusun, yaitu dusun Lubuk Napal 2 dan Lubuk Ngarai Dusun 3.  - vie/irc

Ikuti Terus Riauin

Berita Terkait

Berita Terpopuler