Kanal

Banjir Mulai Surut, Aktifitas Warga Desa Aliantan Rohul Kembali Normal

RIAUIN.COM - Banjir yang melanda Desa Aliantan, Kecamatan Kabun, di Kabupaten Rokan Hulu (Rohul), Riau, mulai surut. Peristiwa banjir terjadi pada Jumat (10/12/2021) lalu. 

Kepala Desa Aliantan M Rois Zakaria mengatakan, banjir terjadi setelah hujan lebat itu, menyebabkan debit Sungai Aliantan meluap dan berdampak pada 93 kepala keluarga (KK). Tinggi muka air saat terjadinya banjir berkisar 50 sampai dengan 100 cm. Tidak ada laporan korban jiwa atau pun warga mengungsi akibat peristiwa tersebut. 

"Alhamdulillah, banjir telah surut. Sekarang udah normal seperti biasa, paling - paling aktivitas warga saat ini membersihkan rumah mereka," kata Rois, Kamis (16/12/2021).

Untuk antisipasi banjir, Rois berharap kepada Pemerintah daerah (Pemda) agar kembali melakukan normalisasi Sungai Aliantan sepanjang 2 kilometer dan adanya perbaikan gorong-gorong. 

"Harapan kita ke depan supaya Pemda bisa melakukan normalisasi sungai lagi sepanjang 2 kilometer. Karena sudah hampir 3 tahun tak banjir. Dan juga minta kepada Dinas PUPR - PKPP (Penataan Ruang, Perumahan, Kawasan Permukiman dan Pertanahan) Provinsi Riau, untuk segera lakukan perbaikan gorong-gorong di jalan yang menjadi kewenangan provinsi," ujar Rois. 

"Karena sekarang gorong-gorong itu lebih tinggi dari pada air. Sehingga air itu mengalir di bawah gorong-gorong  tersebut. Dan mengakibatkan 3 RT banjir," imbuhnya. 

Rois meminta agar gorong-gorong itu bisa digantikan dengan box culver.  Diharapkan bisa meminimalisir banjir ketika hujan deras. "Lokasi [gorong-gorong] dekat Balai Adat Desa Aliantan. Atau dekat Masjid Arrahmah Aliantan," sebut Rois Zakaria. 

BPBD Riau Kirim Bantuan Logistik 

Terpisah, Kalaksa Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Riau, M Edy Afrizal menyebutkan, pihaknya telah bergerak cepat menyalurkan bantuan logistik untuk korban banjir di Desa Aliantan. 

"Bantuan logistik kita serahkan kemarin, terdiri dari Mi instan 50 kotak, Minyak Goreng 100 liter, Gula Pasir 100 Kg, Sarden 100 kaleng, dan Godie Bag 50 buah," kata Edy Afrizal, Kamis (16/12/2021). 

Bantuan logistik diberikan setelah BPBD Rohul mengirim surat permintaan bantuan logistik ke BPBD Riau, mengingat stok logistik di gudang BPBD Rohul sedang kosong. 

"Kami berharap bantuan tersebut dapat sedikit meringankan beban korban banjir Desa Aliantan," harapnya. 

BPBD Riau mengimbau  masyarakat untuk selalu waspada dan siap siaga, khususnya jelang puncak musim hujan pada Januari 2021 hingga Februari 2022. -dn

Ikuti Terus Riauin

Berita Terkait

Berita Terpopuler