Kanal

Menggiurkan, Atlet Para Bulutangkis Asal Kampar Riau Ini Raih Bonus 13,5 Miliar dari Presiden

RIAUIN.COM - Atlet para bulu tangkis asal Kampar, Riau, Leani Ratri Oktila menghadiri undangan Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Bogor pada Jum'at, (17/9/2021). Dalam agenda yang dihadiri oleh seluruh atlet, pelatih dan official Paralimpiade Tokyo 2020 itu, Jokowi memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya atas perjuangan dan kerja keras saudara yang telah berhasil meraih prestasi dan mengharumkan nama bangsa dan negara.

"Saya dan seluruh rakyat Indonesia menyambut kepulangan saudara-saudara dengan gembira dengan senang dan bangga menyampaikan menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya atas perjuangan dan kerja keras saudara yang telah berhasil meraih prestasi dan mengharumkan nama bangsa dan negara," ujar Jokowi.

Pada kesempatan itu, Kepala Negara sangat bangga atas raihan medali emas dari cabang olah raga para bulutangkis yang diraih Leani Ratri Oktila.

"Terima kasih atas medali emas yang diberikan di cabang bulutangkis bukan hanya satu emas tetapi langsung 2 emas," tambahnya.

Menurut Jokowi, prestasi yang diraih di paralimpiade Tokyo 2020 ini adalah sebuah lompatan besar dimana para atlet mampu membuktikan dan bisa bersaing di kancah global.

"Selamat juga untuk para juara yang sudah mempersembahkan baik medali perak maupun medali perunggu," tambah Jokowi 

Atas prestasi atlet Paralimpiade Tokyo 2020 tersebut, pemerintah memberikan penghargaan apresiasi berupa bonus Rp5,5 miliar rupiah kepada peraih medali emas,  Rp2,5 miliar kepada peraih medali perak, Rp1,5 miliar kepada peraih medali perunggu. Selain itu bonus berupa uang tunai juga diberikan kepada para atlet non peraih medali serta pelatihnya.

Diketahui, pada gelaran Paralimpiade Tokyo 2020 lalu, Leani memperoleh dua medali emas dan satu medali perak di cabang para bulutangkis. Medali emas pertama diraihnya saat berpasangan dengan Khalimatus Sadiyah. Ketika itu Leani dan Sadiyah mengalahkan pasangan Tiongkok Cheng He Fang/Ma Hui Hui di partai final dengan skor 21-18, 21-12.

Selanjutnya medali emas kedua diraih leani saat berpasangan dengan Hary Susanto. Perjuangan Leani berbuah manis setelah mengalahkan pasangan asal Prancis Lucas Mazur/Faustine Noel dalam dua gim langsung dengan skor 23-21, 21-17.

Terakhir, medali ketiga diraih Leani saat menghadapi tunggal putri asal China Cheng Hefang. Leani Ratri Oktila kalah dengan skor 19-21, 21-17, 21-16 dan berhak atas medali perak.

Dari tiga medali yang diperoleh, Leani Ratri Oktila berhak atas bonus sebesar 13,5 miliar. Bonus tersebut diserahkan langsung oleh Jokowi di Istana Bogor. Saat penyerahan medali, Jokowi berpesan kepada seluruh atlet paralimpiade agar terus bekerja keras meraih prestasi dan memberikan yang terbaik serta mempersiapkan diri untuk Paralimpiade Prancis yang akan digelar tahun 2024 mendatang. -dn

"Semoga prestasi ini dapat menjadi inspirasi dan dapat menjadi motivasi kita semuanya, bagi para atlet maupun masyarakat Indonesia agar terus bekerja keras meraih prestasi dan memberikan yang terbaik untuk bangsa untuk negara. Kita harapkan di Paralimpiade 2024 nanti, kita bisa meraih medali dan prestasi yang lebih tinggi lagi," tutup Jokowi.

Ikuti Terus Riauin

Berita Terkait

Berita Terpopuler