Kanal

Atlet Indonesia Irit Prestasi di Olimpiade Tokyo 2020, Hanya Dua Cabor yang Mampu Sumbang Medali

RIAUIN.COM - Tim Indonesia yang berlaga di Olimpiade Tokyo 2020 sangat minim prestasi. Dari delapan cabang olahraga yang diikuti dengan menurunkan 28 atlet, sejauh ini tim merah putih hanya mampu menyumbang 3 medali.

Ke tiga medali tersebut diraih oleh Windy Cantika Aisah, Eko Yuli Irawan, dan Rahmad Erwin Abdullah. Menariknya, ke tiga atlet tersebut berasal dari cabang olahraga (Cabor) angkat besi. 

Medali pertama Indonesia dikantongi oleh lifter putri dari cabor angkat besi. Windy Cantika Aisah meraih medali perunggu pada Sabtu (24/7/2021).

Kemudian ke dua diraih Eko Yuli Irawan pada Minggu, (25/7/2021) juga ini dari cabang olahraga angkat besi Olimpiade Tokyo. Turun di kelas 61 kilogram putra, lifter berusia 32 tahun itu meraih perak usai menempati peringkat kedua putaran final dengan total angkatan 302 kg.

Medali ke tiga bagi tim merah putih diraih dari Atlet angkat besi Rahmad Erwin Abdullah yang meraih perunggu pada Rabu, (28/7/2021).

Diketahui, Cabor yang diikuti Indonesia di Olimpiade Tokyo 2021 yaitu bulu tangkis (11), atletik (2), panahan (4), menembak (1), rowing (2), angkat besi (5), selancar (1), dan renang (2).

Sementara, Greysia Polii/Apriyani Rahayu dan Anthony Sinisuka Ginting akan melakoni laga pamungkas di gelaran Olimpiade Tokyo 2020 cabor bulutangkis, Senin (2/8/2021).

Tim Indonesia berpeluang menambah koleksi medali melalui Greysia/Apriyani yang akan berlaga di partai final bulutangkis melawan ganda putri asal Tiongkok Chen Qingchen dan Jia Yifan yang akan digelar Senin, (2/8/2021).

Ini berarti Indonesia tinggal memiliki satu kesempatan terakhir untuk melanjutkan tradisi emas bulutangkis di Olimpiade, yang diemban Greysia/Apriyani.

Greysia/Apriyani dipastikan meraih medali setelah lolos ke final bulutangkis Olimpiade Tokyo 2021 lewat kemenangan atas Lee So-hee/Sing Seung-chan dengan skor 21-19, 21-17

Sementara itu Anthony Ginting akan memperebutkan medali perunggu menghadapi Kevin Cordon yang merupakan wakil dari Guatemala.

Sebelumnya, Atlet yang akrab disapa Ginting itu terhenti di semifinal bulutangkis tunggal putra setelah kalah dari Chen Long asal China. 

Dua wakil ganda putra andalan Indonesia yakni Kevin Sanjaya Sukamuljo/Markus Fernaldi Gideon dan Muhammad Ahsan Hendra Setiawan gagal sumbangkan medali.

Ironinya, Kevin/Markus kalah dari pasangan Ganda putra Malaysia Aaron Chia/Soh Wooi Yik pada perempat final badminton Olimpiade Tokyo 2020, Kamis (29/7) dengan skor 21-14, 21-17.

Tak beda dengan Kevin/Markus, pasangan Ahsan/Hendra yang akrap disapa The Daddies juga tersungkur di semifinal dan gagal mempersembahkan medali.

Pasangan ganda putra unggulan kedua itu kandas di tangan Aaron Chia/Soh Wooi Yik (Malaysia) dalam partai perebutan medali perunggu yang digelar di Musashino Forest Sport Plaza, Sabtu (31/7/2021) malam WIB. 

Ahsan/Hendra yang bertarung tiga set, harus mengakui keunggulan pasangan Malaysia dengan skor 21-17, 17-21, dan 14-21. 

Uniknya, Kevin/Markus dan Ahsan/Hendra dikalahkan oleh pasangan yang sama Aaron Chia/Soh Wooi Yik (Malaysia).

Saat ini, Indonesia hanya bisa berharap pada Greysia Polii dan Apriyani Rahayu untuk meraih medali emas pertama bagi tim merah putih dan Antoni Ginting yang memperebutkan medali perunggu.

Saat ini, Indonesia menduduki peringkat ke-59 Olimpiade Tokyo 2020 dengan raihan 2 perunggu dan satu medali perak. Sementara, China merupakan negara yang meraih medali terbanyak dengan perolehan 24 emas, 14 perak dan 13 perunggu. -dn

Ikuti Terus Riauin

Berita Terkait

Berita Terpopuler