Kanal

Kecewa Rekrut Calon Naker Diam-Diam, LSM dan Ormas di Duri Datangi PT WKS

RIAUIN.COM - Sejumlah warga di Kota Duri yang tergabung dalam beberapa LSM dan organisasi kemasyarakatan (ormas) mendatangi kantor PT Wahana Karsa Swandiri (WKS) karena kecewa atas dibukanya lowongan kerja dan training calon tenaga kerja (naker) di perusahaan tersebut secara diam-diam. Pasalnya sebelum ini pihak PT WKS sudah berjanji akan terbuka dalam merekrut calon karyawan sehingga membuka kesempata tenaga kerja lokal untuk ikut bersaing dalam seleksi tersebut.

Ketua Laskar Melayu Riau, Mulyanto, mengungkapkan kekecewaannya kepada pihak perwakilan PT WKS saat mereka mendatangi kantor tersebut, Jumat (23/4/2021) lalu.

"Mana janjinya untuk membuka lowongan untuk tenaga kerja lokal. Yang ada ternyata benar, PT WKS bahkan sudah melakukan training terhadap calon tenaga kerjanya. Makanya kami langsung bergerak cepat karena mengungkapkan rasa kecewa kami," kata Mulyanto.

Dalam aksi tersebut sempat terjadi ketegangan antara pihak LSM dan Ormas dengan sekuriti kantor. Namun ketegangan tersebut tidak berlangsung lama karena pihak perwakilan perusahaan menerima keluhan mereka, dan berjanji akan menindaklanjuti masalah ini kepada pihak pimpinan.

Dikatakan, sejumlah anggota Laskar Melayu Riau dan ormas DPD Harimau Rokan yang turun ke PT WKS merupakan bagian payung dari Lembaga Adat Melayu Riau (LAMR) Mandau. Pihak Laskar dan ormas Harimau Rokan sudah menunggu lebih dari setahun akan janji pihak manajamen PT WKS untuk membuka lowongan bagi pemuda tempatan.

Disaat tegang tersebut langsung datang aparat keamanan dan meminta dari pada perwakilan pemuda tempatan untuk melakukan perundingan dengan pihak manajemen. 

Sementara itu Ketua Harimau Rokan Ahmad Saleh meminta pihak perusahaan agar menghentikan dulu training yang dilaksanakan sampai mereka dipertemukan dengan Manager HRD PT WKS, Dasarman. 

"Kami minta dipertemukan dengan bapak Dasarman yang selalu memberikan janji palsu kepada kami," katanya.

Seusai pertemuan dengan perwakilan perusahaan pihak LSM dan Ormas akhirnya meninggalkan kantor PT WKS. Kepada Riauin dikatakan, pihak perusahaan akan menerima mereka untuk berdialog pada Rabu (28/4/2021) mendatang.

Hal yang sama juga disampaikan pihak perwakilan PT WKS, Anton. Disampaikan Anton, akan ada pertemuan antara manajemen PT WKS dengan pihak Laskar Melayu Riau dan DPD Harimau Rokan.

"Iya benar, nanti pada hari Rabu depan (28/4/2021) akan dilaksanakan pertemuan bersama Bapak Dasarman dengan ormas dan LSM yang datang ke kantor kita. Saya sebagai staf admin tidak memiliki kewenangan untuk menghentikan training yang dikehendaki. Nanti biarlah itu dibicarakan dengan pak Dasarman pada pertemuan yang akan datang tersebut," tutup Anton saat dihubungi Riauin via saluran telepon. - MIKA

Ikuti Terus Riauin

Berita Terkait

Berita Terpopuler