Kanal

Polisi Inhu Penerima Pin Emas Fasilitasi Warga Membuat Akte Kelahiran

RIAUIN.COM - Anggota Polres Inhu Bripka Ripal Indrawata yang menerima Pin Emas Kapolri memfasilitasi warga desa binaannya membuat akte kelahiran.

Untuk mewujudkan rencana itu, Bripka Ripal Indrawata yang saat ini bertugas di Polsek Pasir Penyu sebagai Bhabinkamtimas Desa Batu Gajah dan Desa Pasir Keranji, Kecamatan Pasir Penyu melaksanakan koordinasi dan kerja sama dengan Dinas Kependudukan dan catatan sipil (Disdukcapil) Kabupaten Inhu.

"Program dan ide ini akan saya terapkan di desa binaan Bhabinlamtimas karena ternyata masih banyak warga belum memiliki akte kelahiran. Alasan warga bermacama-macam, mulai dari kesulitan informasi tentang pengurusan akte, kurangnya SDM dan jarak tempuh ke Kantor Disdukcapil yang cukup jauh," ujar Ripal Indrawata, usai berkoordinasi dengan Kepala Dinas Disdukcapil Inhu di Pematang Reba, Rabu (17/3/2021).

Dikatakannya, tujuan memfasilitasi pembuatan akte itu dikarenakan masih banyaknya warga binaan yang belum memiliki akte kelahiran.

"Ini dilakukan wujud bentuk kepedulian Bhabinkamtimas dalam upaya membangun kesadaran hukum di tengah masyarakat," jelasnya.

Kadisdukcapil Inhu Saiful Bahri menyambut baik ide polisi ini dan dirinya siap bersinergi untuk membuat akte kelahiran warga.

"Ini ide bagus dan gagasan luar biasa yang diberikan oleh Bripka Ripal, kita siap bersinergi. Paling tidak memberikan kesadaran masyarakat bahwa pentingnya akte kelahiran, KK dan KTP di kalangan masyarakat. Atas gebrakan Polisi ini kami sangat mendukung, apalagi di tengah pendemi Covid-19 seperti saat ini. Untuk pengurusan semua biayanya gratis," ujar Saiful.

Kapolres Inhu AKBP Efrizal menyambut baik gagasan dari Bhabinkamtimas Pasir Penyu itu. Kata Kapolres, selain pelindung dan mengayomi, Polri juga bertugas untuk membantu masyarakat dalam kesulitan.

"Ini kegiatan luar biasa, di samping dia menerima Pin Emas dari Kapolri, Ripal merupakan anggota polisi yang selalu mengluarkan ide-ide cemerlang patut dicontoh oleh anggota lainnya. Apalagi kegiatan yang besingungan langsung dengan masyarakat, saya sangat mendukung," puji Kapolres Inhu.--argus.

Ikuti Terus Riauin

Berita Terkait

Berita Terpopuler