Kanal

BPN Inhu Gelar Talkshow di Radio SWAI FM untuk Sosialisasi Program PTSL

RIAUIN.COM - Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kabupaten Indragiri Hulu melaksanakan talkshow di LPPL Radio SWAI FM Kantor Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Inhu, Selasa (16/3/21).

Dalam talkshow tersebut hadir Kepala Kantor Pertanahan (Kakantah) Kabupaten Inhu Taufik Suroso Wibowo dan Kepala Diskominfo Inhu Jawalter.

Berbagai materi dibahas dalam talkshow tersebut. Salah satunya, upaya Pemkab Inhu dan BPN Inhu dalam rangka mensukseskan Program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) di Kabupaten Inhu. 

Program PTSL tersebut dituangkan dalam Peraturan Menteri Nomor 12 Tahun 2017 tentang PTSL dan instruksi Presiden Nomor 2 Tahun 2018.

Dalam pemaparannya, Taufik menjelaskan PTSL adalah program strategis nasional dengan tujuan mempercepat pemberian kepastian dan perlindungan hukum hak atas tanah yang dimiliki masyarakat.

Sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan dan kemakmuran masyarakat serta mencegah sengketa dan konflik pertanahan.

“Pemerintah menyadari perlunya pendataan aset tanah secara jelas dan terinventarisir. Program ini merupakan anugrah yang akan menentramkan dan mensejahterakan keluarga dan masyarakat pemilik tanah,” ujarnya.

Tahun 2021 ini, Kantor BPN Inhu telah menyerahkan 1.000 sertifikat tanah kepada masyarakat yang dilakukan pada awal Maret 2021 lalu dan target PTSL tahun 2021 sebanyak 28.000 sertifikat tanah.

“Kami memerlukan dukungan dari berbagi pihak, baik Bupati, Kapolres, Jaksa, Dandim, DPRD, serta semua pihak terkait untuk mensukseskan target program ini,” lanjut Taufik.

Taufik meminta kesadaran masyarakat dan aktif mendaftarkan tanahnya kepada Pemerintah Desa sehingga proses PTSL ini dapat berjalan lebih cepat.--rls/argus.

Ikuti Terus Riauin

Berita Terkait

Berita Terpopuler