Kanal

Kelurahan Tobek Godang Pekanbaru Menjadi Kampung Iklim Indonesia

RIAUIN.COM - Kelurahan Tobek Godang yang terdapat di Kecamatan Bina Widya, Kota Pekanbaru, ditunjuk menjadi salah satu Kampung Iklim di Indonesia.

Lurah Tobek Godang Yasir Arafat menyebutkan, Kampung Iklim yang bertujuan untuk meningkatkan partisipasi warga dalam menjaga lingkungan itu dipusatkan di kawasan RW 02.

"Ini merupakan bentuk keseriusan kita di dalam mewujudkan Program Kampung Iklim (Proklim) Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutahan (KLHK)," ujar Yasir Arafat, Minggu (14/3/2021).

Di Kampung Iklim, kata Yasir, warga juga dirangsang untuk melakukan berbagai upaya guna meningkatkan ketahanan pangan. Dalam hal ini, warga diajak bercocok tanam dan beternak sehingga mampu membantu meningkatkan sumber pendapatan.

"Selain bisa menjadi sumber pendapatan, dengan banyaknya tumbuhan atau tanaman di kawasan pemukiman, maka akan dapat pula mengatasi emisi gas rumah kaca sesuai dengan salah satu sasaran dari Proklim Kementerian LHK," ucapnya.

Sejauh ini, terang dia, partisipasi warga dalam menyukseskan Kampung Iklim cukup tinggi. Warga di RW 02 sangat pro aktif menanam tanaman seperti buah-buahan, sayuran dan beternak ikan baik di pekarangan rumah maupun memanfaatkan lahan kosong.

"Di pekarangan rumah, saat ini sudah banyak tanaman yang ditanam warga seperti cabai, tomat, ubi kayu, jagung, sayur-sayuran, lengkeng, matoa dan juga ada kolam ikan," paparnya.

"Begitu juga dalam menjaga kebersihan lingkungan, warga aktif bergotong royong membersihkan saluran pembuangan air. Intinya, warga mau melaksanakan kegiatan yang sipatnya gotong royong," ulasnya.

Tak hanya Kampung Iklim, lanjut dia, guna meningkatkan ketahanan pangan warga, Kelurahan Tobek Godang juga telah membangun Kampung Tangguh di kawasan RW 03.

"Kampung Tangguh dan Kampung Iklim ini sejalan. Sama-sama bertujuan meningkatkan partisipasi warga dalam menjaga lingkungan dan untuk membantu meningkatkan sumber pendapatan," ujarnya.

Jika tak ada aral melintang, sambung Yasir, pada Selasa (16/3) akan ada kunjungan Staf Ahli Menteri LHK Afni Zulkifli bersama rombongan ke Kampung Tangguh Keluarahan Tobek Godang. "Dalam kunjungan nanti, dijadwalkan akan dibagikan 5 ribu bibit sirsak kepada warga dan kelompok tani," tutupnya.

Seperti diketahui, Proklim Kelurahan Tobek Godang sendiri telah mendapat apresiasi dari Kementerian LHK. Yang mana, Kementerian LHK memberikan sertifikat Proklim kategori Utama ke Kelurahan Tobek Godang.

Sertifikat tersebut diserahkan oleh Menteri LHK Siti Nurbaya melalui Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK) Provinsi Riau Maamun Murod kepada Lurah Tobek Godang Yasir Arafat pada 27 November 2020 lalu. - gha/pku

Ikuti Terus Riauin

Berita Terkait

Berita Terpopuler