Kanal

Setelah Maumere dan Nias, Giliran NTT Buka Tahun 2021 Dengan Bencana Gempa

RIAUIN.COM - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengumumkan telah terjadi  gempa bumi bermagnitudo 5,1 yang mengguncang wilayah barat laut, Kabupaten Sumba Barat Daya di Pulau Sumba, Nusa Tenggara Timur (NTT).

Kepala BMKG Stasiun Waingapu Sumba Timur, Arief Tyastama, mengatakan gempa tersebut mengguncang sekitar pukul 06.12 WIB.

"Dengan episenter gempa terletak di 9.23 lintang selatan (LS),119.02 bujur timur (BT) atau berjarak 25 kilometer arah barat laut Tambolaka, Ibu Kota Kabupaten Sumba Barat Daya dengan kedalaman 63 km," kata Arief saat dikonfirmasi, Jumat, 1 Januari 2021.

Arief menjelaskan gempa juga dirasakan hingga wilayah Bima, Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB). Ia mengimbau masyarakat tetap tenang dan tidak terpengaruh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

"Masyarakat juga diminta menghindar jika mendapati bangunan yang retak atau rusak akibat gempa serta memeriksa dan memastikan bangunan tempat tinggal cukup tahan gempa atau pun tidak ada kerusakan akibat getaran gempa yang membahayakan kestabilan bangunan sebelum kembali ke dalam rumah," ungkap Arief.

Sebelumnya gempa juga mengguncang Maumere dan Nias pada penghujung tahun 2020 jelang malam pergantian tahun.

Gempa bermagnitudo 5,3 mengguncang Maumere, Nusa Tenggara Timur pada pukul 17.18. Pusat gempa berada di koordinat 8,97 Lintang Selatan dan 122,32 Bujur Timur tepatnya di laut pada kedalaman 40 km arah Selatan Maumere.

Berselang 31 menit kemudian, gempa dengan magnitudo 5,1 mengguncang Nias selatan, Sumatra Utara.

Episenter gempa Nias terletak pada koordinat 0,32 Lintang Utara (LU) dan 97,64 Bujur Timur (BT) tepatnya di laut pada jarak 34 kilometer (km) arah Barat Daya Nias selatan.- dani

Ikuti Terus Riauin

Berita Terkait

Berita Terpopuler