Kanal

Dihantam Puting Beliung, Ponpes Ustadz Abdul Somad di Batang Gansal Inhu Porak Poranda

RIAUIN.COM - Akibat hujan lebat dan angin kencang yang berpotensi puting beliung, pondok pesantren (Ponpes) Bustanul Hikam yang berada di Dusun Lemang, Desa Rantau Langsat,  Kecamatan Batang Gansal, Kabupaten Inhu, Riau, porak poranda.

Ponpes yang didirikan Ustadz Abdul Somad itu terletak di kawasan penyangga Taman Nasional Bukit Tigapuluh (TNBT). 

Kapolres Inhu AKBP Efrizal melalui PS Paur Humas Polres Inhu Aipda Misran, Rabu (18/11/2020) menjelaskan, hujan lebat disertai angin kencang puting beliung terjadi sekitar pukul 17:00 WIB, Selasa (17/11/2020). Sehingga, merubuhkan salah satu bangunan dua lantai ponpes yang didirikan Ustadz Abdul Somad.

"Beruntung tidak ada korban luka dan meninggal dunia, karena pondok pesantren itu sudah lama libur dampak  Covid-19," kata Misran.

Sejak Rabu pagi, lanjutnya, Kapolsek Batang Gansal Ipda Raditya Wahyu Aji Pambudi beserta anggotanya dan masyarakat setempat bergotong royong membersihkan reruntuhan pondok pesantren tersebut.

Menurut laporan dari Polsek Batang Gansal, salah satu bangunan pondok pesantren dengan kontruksi bertingkat, lantai atas bangunan itu rubuh, sebab bahannya terbuat dari kayu dan papan. Sedangkan lantai bawah, bangunan semi permanen masih tegak berdiri.

"Semua puing-puing bangunan dikumpulkan kembali. Material yang masih layak pakai ditumpuk dengan rapi agar bisa dimanfaatkan kembali," jelasnya.

Selain Kapolsek, kegiatan gotong royong itu juga diikuti Kasi Pemerintahan Kecamatan Batang Gansal  Azasi Qudus, Kepala Desa Rantau Langsat Jelita Saripudin dan perangkat serta puluhan masyarakat Desa Rantau Langsat lainnya.--agus.

Ikuti Terus Riauin

Berita Terkait

Berita Terpopuler