Kanal

BPH Migas Bangun Pipa Tranmisi Gas Bumi di Dumai-Sei Mangke

RIAUIN.COM - Badan Pengatur Hilir Minyak dan Gas Bumi (BPH Migas) berencana membangun pipa transmisi gas bumi di Kota Dumai-Sei Mangke. 

Kepala BPH Migas Dr M Fansharullah Asa MT menyebutkan, rencana pembangunan pipa transmisi ini sebagai implementasi Undang-undang Nomor 22 Tahun 2001 tentang minyak dan gas bumi.

"Kami hadir di sini untuk melaksanakan amanah Undang-undang. Karena itu, kami berkomitmen bahwa ruas pipa Dumai-Sei Mangke ini menjadi keharusan untuk dibangun," jelas Fansharullah, pada acara FGD Rencana Pembangunan Pipa Transmisi Gas Bumi Dumai-Sei Mangke, yang diselenggarakan BPH Migas, Kamis (12/11/2020) di Pekanbaru.

Dia mengungkapkan, dengan dibangunnya pipa transmisi ini untuk memenuhi kebutuhan dalam negeri. Sehingga gas dengan kapasitas 300 MSC ini, tidak akan diekspor ke Singapura maupun negara lainnya.

"Masyarakat akan diuntungkan dengan proyek pipa gas ini. Saya jamin, ke depannya masyarakat tidak lagi menggunakan gas tiga kilo, tetapi jaringan gas kota dengan harga yang jauh lebih murah," terangnya.

Fansharullah menjelaskan, pembangunan pipa ini sangat strategis dan bernilai ekonomis. Bahkan diperkirakan, proyek ini akan mampu membuat Indonesia bersaing dengan Singapura, Malaysia, Vietnam dan sejumlah negara tetangga lainnya.

Gubernur Riau Syamsuar melalui Kepala Dinas ESDM Indra Agus Lukman mendukung rencana itu. Sebab, proyek itu berdampak positif terhadap kesejahteraan masyarakat.

"Insya Allah, kami bersama pemerintah kabupaten/kota di Riau pasti akan mendakung program ini. Karena wacana ini juga sesuai dengan kebutuhan masyarakat," kata Indra, 

Pjs Bupati Siak ini mengharapkan, rencana BPH Migas membangun pipa transmisi gas bumi di Kota Dumai-Sei Mangke tersebut segera direalisasikan. Sehingga, tujuan memenuhi kebutuhan masyarakat untuk gas bumi juga bisa terpenuhi dengan maksimal. 

"Saat ini Riau termasuk daerah yang besar terdampak Covid-19, yang mana sangat berpengaruh pada perekonomian. Untuk itu pembangunan gas bumi ini mampu mebantu masyarakat Riau kedepannya," tuturnya.

Jika pembangunan transmisi gas bumi ini berhasil dan bisa terus dikembangkan, maka pembangunan pipa ini akan merata di seluruh daerah di Riau.

"ESDM Riau juga ada berbagai program untuk masyarakat dan kita harap program-program ini juga bisa terus didukung oleh pemerintah pusat demi kesejahteraan masyarakat maupun kemajuan daerah," tuturnya.

Kegiatan FGD Rencana Pembangunan Pipa Transmisi Gas Bumi Dumai-Sei Mangke tersebut juga di hadiri anggota Komisi VII DPR RI Abdul Wahid, Kantor Perwakilan Staf Presiden Dodi Sukianto, Kadis ESDM Riu Indra Agus Lukman, Direktur Infrastruktur BP Migas Halim MP, serta para undangan lainya.--mcr/nal.

Ikuti Terus Riauin

Berita Terkait

Berita Terpopuler