Kanal

Speedboat Tabrak Papan, 7 Penumpang Terpental ke Laut Kepulauan Meranti

RIAUIN.COM --  Sebuah kapal cepat atau speedboat dengan nama lambung Kepau Jaya Ekspres yang membawa 78 penumpang nyaris karam setelah menghantam sebilah kayu berukuran 2,8 inchi. Akibat benturan itu, 7 penumpang terpental dan jatuh ke laut.

Kapolres Kepulauan Meranti AKBP Eko Wimpiyanto H yang dikonfirmasi melalui telepon selulernya, Selasa (6/10/2020), membenarkan insiden tersebut. Diungkapkannya, speedboat Kepau Jaya Ekspres ini bertolak dari dermaga Desa Kepau Baru dengan tujuan ke Kota Selatpanjang sekira pukul 09.00 WIB.

Setiba di perairan Anak Ayam, Desa Sungai Tohor, Kecamatan Tebingtinggi Timur, speedboat tiba tiba menghantam sebilah papan berukuran 2,8 inchi. Akibatnya, 7 penumpang terlempar ke laut. Tetapi bagian mesin speedboat hanya mengalami kerusakan dan badan kapal miring ke kiri.

"Akibat menabrak papan itu, sebanyak 78 penumpang termasuk awak kapal kaget dan cemas. Apalagi 7 orang dalam kapal tu sempat terjatuh ke laut. Sementara air laut terus masuk ke dalam body kapal melalui jendela,'' terang Eko.

Untung saja, nakhoda kapal  langsung mematikan mesin untuk menstabilkan posisi kemiringan body speeddboat dan langsung melakukan pertolongan penumpang yang jatuh. Setelah berhasil menyelamatkan seluruh penumpang yang terjatuh ke laut, speedboat dibawa merapat di dermaga kilang sagu, tak jauh dari lokasi kejadian perkara (TKP).

''Alhamdulillah dalam musibah ini tidak ada yang memakan korban jiwa. Semua penumpang kini sudah kita evakuasi ke Kota Selatpanjang dengan keadaan selamat," kata Kapolres Kepulauan Meranti.

Dari video yang beredar di sejumlah grup media sosial terlihat kesibukan aparat dan tim Satuan Polairud Polres Kepulauan Meranti dan warga masyarakat melakukan upaya penyelamatan terhadap korban. Sebagaimana dilaporkan seorang netizen dalam video dimaksud. - syah

Ikuti Terus Riauin

Berita Terkait

Berita Terpopuler