Kanal

Sejak 2017 Bupati Kuansing Sudah Bangun 1.030 Unit Rumah untuk Masyarakat Miskin

RIAUIN.COM - Mendapatkan rumah layak huni bagi keluarga kurang mampu merupakan idaman bagi masyarakat. 

Sejak memimpin Kabupaten Kuantan Singingi empat tahun lalu, Bupati Kuantan Singingi Y Mursini sudah membangun ribuan rumah untuk masyarakat miskin dibangun.

Bantuan rumah tersebut didanai oleh Kementerian PUPR yang diusulkan oleh Pemerintahan Mursini melalui program Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS).

Bantuan ini telah bergulir sejak tahun 2017 lalu hingga pada tahun 2020 ini masih berjalan secara stimulan.

"Alhamdulillah, di Kabupaten Kuantan Singingi pelaksanaan BSPS sudah berjalan dari tahun 2017 sampai tahun 2020 ini, dengan total rumah yang sudah di bangun berjumlah 1.030 unit banyaknya," ujar Bupati Mursini saat penyerahan BSPS di Desa Sungai Alah, Kecamatan Hulu Kuantan, Senin (31/8/20) malam.

Dikatakan Mursini, ini merupakan wujud keseriusannya dalam pemerataan perekonomian masyarakat di segi kawasan dan perumahan. 

Dalam arahannya, ia berjanji tetap akan melanjutkan program  pembangunan infrastruktur dan perekonomian masyarakat yang seperti itu.

Dijelaskanya, tahapan penyelenggaraan BSPS ini sudah diatur dalam Peraturan Menteri (Permen) PUPR Nomor 7 Tahun 2018.

Adapun dalam penyelenggaraan BSPS dilakukan melalui mekanisme, yaitu penyiapan masyarakat melalui sosialisasi, verifikasi calon penerima bantuan, penetapan calon penerima bantuan, penyusunan proposal baik dokumen teknis maupun non teknis dan pelaksanaan kegiatan.

Katanya, kegiatan BSPS diawali dengan adanya usulan nama-nama desa yang akan menerima bantuan BSPS yang diajukan melalui Surat Bupati kepada Satker SNVT penyediaan perumahan.

Pada tahun 2020 ini, kata Mursini, dari 20 desa yang diusulkan Pemerintah Kabupaten Kuantan Singingi kepada Satker SNVT telah terealisasi sebanyak 15 desa dengan jumlah penerima bantuan sebanyak 310 unit rumah.

"Termasuk 20 unit rumah di Desa Sungai Alah ini," terangnya.

Secara rinci, Bupati Mursini menyebutkan ke 15 desa yang mendapatkan bantuan stimulan pada tahun 2020 ini, antara lain, Desa Geringging Baru 20 unit, Desa Seberang Teratak Air Hitam 25 unit, Desa Jaya 20 unit.

Selanjutnya, Desa Titian Modang 20 unit., Desa Bandar Alai 20 unit, Desa Pebaun Hilir 20 unit, Desa Bukit Kauman 25 unit, Desa Sungai Alah 20 unit, Desa Mudik Ulo 20 unit, Desa Pembatang 20 unit.

Serta Desa Padang Tanggung 20 unit, Desa Pulau Madinah 20 unit, Desa Kampung Medan 20 unit, Desa Kampung Baru Timur 20 unit, Desa Tanjung Medan sebanyak 20 unit.

"Mudah mudahan kedepannya, kita tetap bisa Lanjutkan pembangunan ini," harap Bupati. - advetorial

Ikuti Terus Riauin

Berita Terkait

Berita Terpopuler