Kanal

Stabilkan Harga dan Bantu Warga Miskin, DKP Siak Jual Beras Murah dari Petani Lokal

SIAK,- Di samping membantu masyarakat miskin, untuk menyeimbangkan harga beras di pasaran, Dinas Ketahanan Pangan (DKP) Kabupaten Siak menjual beras murah. Misalnya saat penanaman perdana jagung dan padi di Bungaraya kemarin.

Kepala DKP Syahrial mengatakan, ini salah satu upaya pemerintah untuk memberikan solusi bagi masyarakat, memberikan pangan yang murah dan berkualitas bagi masyarakat. Harapan beras murah dengan memotong jalur distribusi ini dapat menstabilkan harga beras di pasaran.

"Apalagi beras yang kita jual ini bukan berasal dari Bulog. Tetapi beras petani yang telah dibeli oleh Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) atau beras lokal masyarakat petani sendiri,” ungkap Syahrial.

Menurutnya untuk mendukung beras murah, pihaknya menyiapkan sebanyak 150kg dan masih ada stok sebanyak 20 ton. Sedangkan harga jualnya sebesar Rp. 8.500 hingga Rp.9000 perkilogram atau dibawah harga pasar.

Selain itu dijelaskan Syahrial, dalam menjual beras murah ini pihaknya membatasi masyarakat yang akan membelinya, dimana bisa dibeli dalam jumlah maksimal hanya 20 kilogram per KK.

"Kita juga membatasi masyarakat jika ingin membelinya, sebagai upaya untuk mengantisipasi pembelian dalam jumlah banyak. Kita siapkan peking 10 kilogram,” jelasnya.

Syahrial berharap, pasokoan beras dari luar bisa segera dikurangi, caranya dengan membeli gabah dari petani. produksi gabah petani kita serap, dibeli degan harga yang wajar, lalu di jual dengan harga yang murah.(src)


Ikuti Terus Riauin

Berita Terkait

Berita Terpopuler