Kanal

Wabup Alfedri Minta Prioritaskan Program Sentuh Kepentingan Masyarakat

SIAK - Saat membuka Forum Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Tahun 2017 di kantor Bupati Siak, Rabu (8/3/2017), Wakil Bupati Siak Alfedri mengatakan tahun ini yang jadi prioritas pembangunan haruslah program yang bersentuhan langsung dengan rakyat.

“Kita harus merubah mindset dan cara-cara lama. Saat ini, bagaimana kita dapat mendongkrak pendapatan daerah. Kemudian program yang diusulkan dalam APBD merupakan program yang tajam dan prioritas yang langsung menyentuh kepentingan masyarakat,” kata Wakil Bupati  Alfedri.

Wabup menyampaikan, sistem penganggaran APBD tidak seperti dulu lagi. Hanya program strategis dan program unggulan yang diprioritaskan. Penajaman dari program tersebut harus mengacu kepada rencana strategis RPJMD.

Selain itu lanjutnya, segala macam program yang telah dibuat, selanjutnya diajukan kedalam forum OPD dengan melakukan pendekatan teknokrat yang berdasarkan kebutuhan-kebutuhan yang ada di tengah masyarakat.

Sementara Kepala Bappeda Yan Pranajaya mengatakan, rapat ini bertujuan sebagai penyelarasan terhadap program usulan serta hasil musrenbang kecamatan dan memperpanjang indikator serta program dan kegiatan OPD, Sesuai dengan tugas dan pokok OPD.

Untuk itu perlu penyelarasan program dan kegiatan antar OPD. Kemudian untuk optimalisasi capaian sasaran, yang sesuai dengan kewenangan usulan keuangan daerah.

Lanjutnya, perlu penyesuasian pendanaan program, dan  kegiatan prioritas yang berdasarkan pagu dana untuk masing masing OPD, yang dulu disebut SKPD atau satuan perangkat kerja daerah. (hrn)

Ikuti Terus Riauin

Berita Terkait

Berita Terpopuler