Kanal

Asap Tipis Kembali Selimuti Rokan Hulu

Riauin.com, Pasir Pangaraian - Kabut asap tipis yang diduga akibat aktivitas pembakaran lahan (karhutla) kembali menyelimuti Kabupaten Rokan Hulu (Rohul), Selasa (11/10/2016). Akibatnya, jarak pandang tak lebih dari 1 kilo meter.
Asap tipis yang muncul di pagi hari ini diduga akibat adanya aktivitas pembakaran lahan, termasuk di empat kecamatan seperti Tambusai Utara, Bonai Darussalam, Tandun dan Pendalian Rokan IV Koto.
Meskipun tim satgas karlahut rokan hulu  sudah berhasil  memadamkan api, namun asap tipis tetap terlihat selimuti Rohul. Seperti di jalan prokol jalur dua Tuanku Tambusai.
Salah seorang pengguna jalan, Abas mengaku sempat mengira itu adalah embun pagi. Tapi setelah agak siang, baru sadar kalau itu adalah asap tipis.
"Dengan kondisi asap yang masih tipis kita meminta pemerintah rokan hulu untuk segera mengatasinya. Kita juga tak ingin  kabut asap tipis ini menjadi tebal dan membahayakan seperti  yang terjadi sebelumnya," harapnya.
Sementara PLT Bupati Rohul, Sukiman mengatakan cuaca ekstrim saat ini memang masih rentan dengan karhutla. Karena itu ia terus mengimbau masyarakat untuk tidak membakar lahan maupun sampah.
Sukiman juga meminta seluruh lapisan masyarakat maupun perusahaan untuk saling menjaga  untuk tidak melakukan pembakaran untuk mengindari kabut asap.
"Jika tidak disengaja tidak mungkin terjadi kebakaran," imbuhnya. (red)

Ikuti Terus Riauin

Berita Terkait

Berita Terpopuler