Kanal

Pemkab Antisipasi Permasalahan Jelang Ramadhan 1439 H

Bangkinang Kota, Riauin.com - Pemerintah harus siap menghadapi dan mengantisipasi segala kemungkinan yang terjadi menjelang Ramadhan hingga hari Raya Idul Fitri 1439 H/2018 M. Langkah antisipatif harus dilakukan terhadap kemungkinan terjadi umumnya menyangkut masalah kenaikan harga sembilan kebutuhan pokok (sembako), kerawanan kejahatan, masalah kemacetan lalu lintas dan banyak lagi.

Hal ini ditegaskan Bupati Kampar Azis Zaenal ketika memimpin rapat koordinasi Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) dalam rangka menghadapi Bulan suci Ramadhan dan Idul Fitri 1439 H / 2018 M bersama Sekda Kampar dan Pimpinan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD), diruang rapat kantor Bupati, Selasa (15/5).

Pada rapat itu Bupati Kampar yang diwakili Wakil Bupati Catur Sugeng Susanto menyampaikan, segenap unsur pemerintah harus dapat menyikapi dan mengantisipasi segala kemungkinan terjadi, seperti masalah kenaikan harga kebutuhan pokok dengan monitoring langsung harga di pasar-pasar tradisional, untuk masalah kemacetan lalu lintas dan mengurangi terjadinya kecelakaan segera berkoordinasi dengan pihak kepolisian dan Dinas Perhubungan.

Di samping itu, mengantisipasi agar tidak terjadi inflasi harga dalam menyambut Ramadhan dan Idul Fitry 1439 H, beberapa SKPD terkait seperti Dinas Ketahanan Pangan, Dinas Perdagangan Koperasi dan UMK, Perum Bulog melakukab monitoring ketersediaan pasokan bahan kebutuhan pokok masyarakat.  Hasil monitoring ditindaklanjuti dengan langkah-langkah stabilisasi harga.

Berkenaan masalah keamanan dan tertib berlalu lintas serta antisipasi gangguan, sarana dan prasarana  transportasi selama Ramadhan dan Idul Fitri, dijelaskan Kapolres Kampar AKBP. Andrie Ananta Yudistira Sik.

Kapolres memaparkan tentang rencana kegiatan bersama dengan Satpol PP dan Dinas Perhubungan serta instansi terkait.

Berdasarkan pantauan di ruang rapat, tampak juga hadir  Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Riau R Yusuf Rigin Kepala Tim Sistem Pembayaran dan Manajemen Internal Kantor Perwakilan BI Provinsi Riau, dari BPS Kabupaten Kampar.

Usai rapat Wabup bersama Pimpinan SKPD terkait langsung melakukan monitoring ke lokasi pasar Bangkinang Kota untuk mengecek harga sembako. Pada monitoring tersebut, Wabup sekaligus memastikan sambil memberi arahan Dinas terkait menyangkut penertiban pasar tumpah-ruah selama Ramadhan dan Idul Fitri yang berpotensi mengganggu pada jalur lintas l. "Sejauh ini masalah harga masih bisa dikatakan stabil walaupun ada beberapa komoditi mengalami kenaikan namun masih dalam kewajaran. Untuk ketersedian sembako juga masih aman sampai menjelang Idul Fitri 1439 H nanti,"terangnya. (afni)

Ikuti Terus Riauin

Berita Terkait

Berita Terpopuler