Kanal

Buruh Sagu di Siak Diterkam Harimau, Lengan dan Pundak Dicakar

Siak, Beritasatu.com - Seorang buruh sagu di Dusun Tiga Mungkal, Desa Penyengat, Kabupaten Siak, Riau diterkam harimau pada Minggu, 17 Maret 2023 kemarin. Pria bernama Effendi (32  tahun) diterkam saat sedang beristirahat. 

Kepala Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Riau, Genman Suhefti Hasibuan menjelaskan, akibatnya, pundak dan lengan sebelah kanan Effendi mengalami luka yang cukup serius dan bersimbah darah.

Seusai menerima informasi itu, pihaknya telah turun ke lokasi kejadian untuk melakukan identifikasi dan pengamatan terhadap tempat kejadian perkara.

"Dari hasil sementara, lokasi kejadian berada di hutan produksi konversi (HPK). Pohon Sagu tersebut tumbuh di HPK tersebut dan masyarakat melakukan pemanenan sagu tersebut. Kejadian terjadi pada malam hari, bukan pada saat masyarakat sedang memanen, tetapi ketika pekerja berada di dalam gubuk terpal di lokasi tanaman sagu. Harimau datang langsung menerkam yang bersangkutan,'" kata Genman, Rabu (20/3/2024).

Saat kejadian, ungkap Genman, kebetulan korban sedang bersama rekan-rekannya sehingga korban dapat ditolong dan harimau tersebut dapat diusir.

Terpisah, Kapolsek Sungai Apit, AKP Rinaldi membenarkan peristiwa tersebut. "Benar, lokasi kejadian sekitar 1,5 KM dari Dusun Sungai Mungkal, Kampung Adat Penyengat, Kecamatan Sungai Apit. Kejadiannya minggu malam sekira pukul 21.10 Wib," ujarnya.

Rinaldi menjelaskan, dari keterangan Kepala Desa, lokasi kejadian tak jauh dari dusun. Saat kejadian, korban bersama 3 temannya beristirahat di pondok yang hanya terbuat dari terpal.

"Korban diketahui sudah kembali ke kampungnya di Desa Rangsang Barat, Kepulauan Meranti. Kondisinya tangan mengalami luka cakar dan gigitan harimau. Korban selamat," ungkapnya.-dnr

Ikuti Terus Riauin

Berita Terkait

Berita Terpopuler