Kanal

Tok! Pj Bupati Kampar Muhammad Firdaus Wujudkan Pembangunan Kota Bangkinang Riverside

RIAUIN.COM- Penjabat Bupati Kampar Muhammad Firdaus terus berupaya membuat kebijakan yang benar-benar langsung dirasa manfaatnya oleh masyarakat karena berkaitan dengan hajat hidup masyarakat Kampar. Salah satu program itu adalah mendukung tumbuh kembang usaha kecil menengah dan sekaligus turut memajukan Kota Bangkinang sebagai sebuah kota masa depan nan maju lagi moderen.

Di mana dalam waktu dekat ini, Firdaus mengatakan Pemerintah Daerah Kabupaten Kampar akan membangun pusat UMKM dengan konsep Bangkinang Riverside atau kota di pinggir sungai yang berlokasi di sekitar jembatan waterfront city. Skema yang dipakai dalam membangun Bangkinang Riverside ini adalah kolaborasi dengan perusahaan. Ia berharap perusahan dapat ikut serta membantu Pemerintah Kabupaten Kampar membangun daerah.

Bahkan Firdaus mengatakan, pada akhir bulan ini akan dimulai tahapan pembangunan oleh Pertamina Hulu Rokan (PHR), dijadwalkan pada tahun 2024 selesai. Dia pun meminta Texcal Mahato dapat ikut serta dalam membangun Bangkinang Riverside itu agar dapat cepat selesai.

Informasi penting itu, diutarakan  Firdaus saat menyaksikan penandatanganan Hak dan Kewajiban sebagai kontraktor kontrak kerja sama, baik secara langsung, pada suatu wilayah kerja (Participating Interest) Texcal Energi Mahato, PT Riau Petroleum Mahato dan Cue Mahato PTY lTD Satria Antoni.

Penandatanganan MoU itu digelar di Ballroom Yudistira RA Suites Simatupang, Jakarta Selatan. Hadir dalam kesempatan itu Gubernur Riau yang diwakili Staf Ahli Gubernur Yurnalis, Asisten Bidang Ekonomi dan pembangunan Suhermi, Kabag Ekonomi Setda Kampar Zamhur, Kadis Kominfo Yuricho Efril, Kabag Protokol Irwan AR, Ibrohim  Al Attereh dari CEO Texcal Mahato dan CSE Mahato, Ltd, Witan Odakar dari GM. Cue Mahato Pty, Ltd. dan Direktur PT. Riau Petroleum Mahato Satria Antoni, Rabu (25/10/2023).

Sebelum melakukan Penandatanganan MoU Participating Interest, Pj Bupati Kampar menegaskan, setelah dilakukan perjanjian penandatanganan ini, dirinya meminta kepada masing-masing perusahaan untuk tidak melupakan kewajiban untuk menyalurkan  Coorporate Social Responsibility (CSR) bagi masyarakat Kabupaten Kampar.

Firdaus menambahkan setelah melalui proses yang panjang terhadap perundingan antara Texcal Energi Mahato, PT Riau Petroleum Mahato Dan Cue Mahato PTY lTD. Dengan demikian sudah terdapat kata sepakat dengan tertuang dari penandatanganan ini.

“Setelah melakukan penandatanganan ini, tepat pada tanggal 31 Oktober ini perusahaan-perusahan yang terlibat dapat memenuhi konsekwensinya terhadap CSR yang ada di Kabupaten Kampar,” tegas Firdaus.

Ibrohim Al Attereh dari CEO Texcal Mahato dalam sambutannya mengatakan pihaknya dengan senang dan bangga terhadap terwujudnya perjanjian dengan PT. Riau Petroleum Mahato Dan Cue Mahato PTY. lTD Satria Antoni. Ia berharap dengan dilakukannya penandatanganan Participating Interest, seluruh perusahaan dapat membantu Pemerintah Daerah untuk mensejahterakan masyarakatnya melalui CSR serta menjadi sumber PAD.

Dirinya juga mengatakan sesuai dengan regulasi dan peraturan yang berlaku, pihaknya akan segera menyalurkan CSR sesuai dengan arahan dari Pemerintah Daerah Kabupaten Kampar dan Provinsi Riau.

Perjanjian itu digelar atas Peraturan Menteri ESDM Nomor 37 Tahun 2016 tentang Ketentuan Penawaran Participating Interest (PI) 10% (sepuluh persen) pada Wilayah Kerja Minyak dan Gas Bumi.

Surat Texcal Energy Mahato Inc. kepada PT Riau Petroleum Mahato No. 270/1023/GM/TEMl tanggal 20 Oktober 2023 perihal Undangan Rapat Pelaksanaan Penandatanganan Perjanjian Pengalihan dan Pengelolaan 5% Partisipasi Interes Pada Wilayah Kerja Mahato antara Texcal Energy Mahato Inc, Cue Mahato Pty Ltd, Central Sumatra Energy Mahato Limited dan PT Riau Petroleum Mahato.-naz

Ikuti Terus Riauin

Berita Terkait

Berita Terpopuler