Kanal

Firdaus Perintahkan Copot Kepala Puskesmas, Camat dan Kades Tak Becus Atasi Stunting di Kampar

RIAUIN.COM- Penjabat Bupati Kampar, Muhammad Firdaus tidak main main dalam mengejar target menurunkan stunting. Bahkan dia akan menyiapkan sanksi bagi kepala Puskesmas (kapus) camat hingga kepala desa yang tak becus atasi stunting di wilayah masing-masing. Dia bahkan tak akan segan-segan mencopot mereka yang tak serius bekerja menurunkan angka stunting maupun gizi buruk.

Menurut Firdaus, angka stunting Kabupaten Kampar pada 2023 ini mencapai 14, 5 persen. Dia meminta angka itu bisa ditekan hingga menjadi 8 atau 7 persen saja di tahun 2024.

"Bagi kepala Puskemas, camat yang tak becus atasi stunting akan kita beri sanksi, demikian juga kepala desa, cuma kepala desa ini karena dia dipilih langsung, nanti kita lihat betul kinerjanya," ujar Muhammad Firdaus, di sela pelantikan pengurus organisasi perangkat desa Kabupaten Kampar, Selasa (24/10/2023).

Dalam kesempatan itu dia juga mengingatkan jajaran di bawahny untuk tanggap mengatasi angka kemiskinan ekstrem. Per Oktober ini di Kampar masih ada sekitar 1002 kepala keluarga miskin ekstrem di Kabupaten Kampar.

Bahkan dia meminta angka kemiskinan ekstrem bisa dihapus hingga ke nol persen. Sebab kata dia, Kampar punya sumber daya yang memadai untuk mengatasi masalah itu.

"Kalau bisa angka kemiskinan ekstrem ini nol, kita punya sumber daya yang memadai. Saya titip betul ini ke perangkat dan ke kepala desa. Kalau yang tidak bisa diatasi oleh desa, tolong koordinasikan ke kita," pinta Firdaus.

Sebelumnya di kesempatan berbeda, Firdaus menegaskan, sebagai putra Kampar, ia punya komitmen yang sangat besar untuk mengatasi berbagai persoalan yang kini membelenggu daerah ini.

"Saya ini orang Kampar, beban dan tangung jawab saya sebagai orang Kampar sangat besar untuk memajukan dan mensejahterakan masyarakat kita," tegas putra tokoh pendidikan Riau, almarhumah Hj DR Maimanah Umar itu.-naz

Ikuti Terus Riauin

Berita Terkait

Berita Terpopuler