Kanal

Flyover Sudirman Pekanbaru Retak-retak, Ini Penjelasan Ahli Konstruksi Dr Ikhsan

RIAUIN.COM - Jembatan layang (flyover) di Jalan Jenderal Sudirman, tepatnya di simpang Jalan Imam Munandar, Kota Pekanbaru, Riau mengalami keretakan.

Dari pantauan di lokasi, flyover yang dibangun pada tahun 2011 lalu itu mengalami keretakan pada setiap sambungannya.

Menanggapi hal itu, ahli konstruksi dan Konsultan Tata Kota Dr Ikhsan menjelaskan, struktur yang mengalami keretakan di bagian sambungan jembatan. Hal ini disebabkan karena pekerja jembatan memplester sambungan tersebut.

"Sebetulnya itu bukan retak, jadi ada plester yang copot yang seharusnya direnggangkan. Jadi memang harus dipisahkan antara girder dengan pondasinya. Ini harus terpisah, cuma mungkin dulu sama pekerja malah diplester dan digabungkan," kata Dr Ikhsan, Jumat (8/9/2023).

Dijelaskan Dosen Unri ini, diantara girder dengan pondasi ada jarak yang berfungsi apabila jembatan memuai atau pergerakan ketika dilewati oleh kendaraan. Celah itu disediakan beberapa centimeter dengan tujuan ada ruang (space) untuk memuai dan pergerakan.

"Sekarang jarak itu sama pekerja yang dulu nampaknya diplester. Celah yang seharusnya tidak boleh diplester tentu dia akan terbongkar (pecah, red), seharusnya tidak diplester. Secara struktur tidak masalah sebetulnya," jelasnya.

Menurut ikhsan, jembatan flyover tersebut masih kokoh dan layak digunakan, hanya saja butuh sedikit perawatan. "Menurut saya secara konstruksi masih kokoh, cuma memang perlu pemeliharaan," pungkasnya.

Sebelumnya, Kepala Dinas PUPR PKPP Provinsi Riau, Arief Setiawan seusai meninjau lokasi mengatakan, keretakan yang terjadi sifatnya lokal dan hanya plesteran saja.

"Yang retak itu adalah plesteran lokal. Yang jelas bukan konstruksi jembatannya. Namun kami akan perbaiki terhadap plesteran sehingga masyarakat Kota Pekanbaru tidak was-was terhadap jembatan flyover ini," tuturnya kepada wartawan, Jumat (8/9/2023).

Untuk diketahui, flyover di persimpangan Jalan Sudirman-Imam Munandar memiliki spesifikasi panjang 212 meter dan lebar 2 kali 6 meter.-dnr

Ikuti Terus Riauin

Berita Terkait

Berita Terpopuler