Kanal

Dua Hari Pencarian, Nelayan di Rohil Ditemukan Tewas

RIAUIN.COM - Seorang nelayan di Kabupaten Rokan Hilir (Rohil) dilaporkan hilang di perairan Bubu Telajur pada saat menarik Bubu ditemukan tewas, Kamis, (27/4/2023).

Kepala Kantor SAR Pekanbaru, I Nyoman Sidakarya menjelaskan, Tim Rescue Unit Siaga SAR Rohil melakukan pencarian dan penyisiran di sekitar lokasi kejadian dengan dibantu alat Aqua Eye.

"Sekira pukul 17.30 WIB Tim SAR Gabungan berhasil menemukan korban pada titik koordinat 2° 27.768’ N  100° 44.909’ E  sejauh 5 NM dari LKP dalam keadaan meninggal dunia. Jasad korban langsung dievakuasi dan dibawa ke rumah duka," kata Nyoman.

Sebelumnya, kapal nelayan itu berangkat dari Bagansiapiapi untuk menarik Bubu pada Selasa (26/4/2023) sekira jam 11.00 WIB.

"Kapal mengangkut 3 orang yang terdiri dari nahkoda dan 2 ABK. Saat kejadian, nahkoda sedang perbaiki kapal, sedangkan 2 ABK sedang menarik bubu. Namun seorang ABK bernama Apis terjatuh ke laut," kata Nyoman.

Melihat Apis terjatuh, rekan korban berusaha menarik tapi tak tertolong. Korban tenggelam karena terbawa gelombang.

"Rekan korban langsung melaporkan ke nahkoda yang saat itu sedang memperbaiki mesin. Nahkoda kemudian meminta tolong kepada sesama nelayan untuk melakukan pencarian," lanjut Nyoman.

Selanjutnya, keluarga korban dan nahkoda kapal melaporkan ke Unit Siaga SAR Rohil untuk membuat laporan. Info diterima Unit Siaga SAR Rohil pada Pukul 22.30 WIB.

"Kemudian, Unit Siaga SAR Rohil berangkat menuju lokasi kejadian untuk melakukan pencarian," pungkas Nyoman.-dnr

Ikuti Terus Riauin

Berita Terkait

Berita Terpopuler