Kanal

Penutupan Rakernas Pordasi di Siak, Ketum KONI Pusat: Kota Bersejarah yang Rapi dan Bersih

RIAUIN.COM - Ketua Umum Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Pusat, Letjen TNI (Purn) Marciano Norman Sasono menghadiri gala dinner, sekaligus penutupan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Persatuan Olahraga Berkuda Seluruh Indonesia (Pordasi) di Taman Siak Lawo, Kota Siak Sri Indrapura, Ahad (29/1/2023) malam.

Saat memberikan sambutan, mantan Kepala Badan Intelijen Nasional (BIN) ini memuji Kota Siak yang begitu indah, bersih dan tertata rapi. Ditambah keberadaan Sungai Siak yang mampu menciptakan suasana nyaman dan sejuk. 

"Luar biasa, ini kota bersejarah yang rapi dan bersih. Saya bicara apa adanya Pak Bupati. Tak lengkap rasanya kalau datang ke Riau ini cuma ke Pekanbaru saja, tanpa ke Siak. Sebab, selain ada peninggalan  kerajaan berupa Istana Siak, di sini kita menemukan Melayu yang sebenar-benarnya," kata Norman di hadapan Ketum PP Pordasi Triwatty Marciano, Ketua KONI Riau Iskandar Husen, Ketua Pordasi Riau Alfedri yang juga Bupati Siak serta seluruh undangan yang memenuhi Taman Siak Lawo.

Pada kesempatan itu, Ketum KONI Pusat berjanji setelah pertemuan ini akan menyampaikan kepada Ketua Umum Pengurus Besar Persatuan Olahraga Dayung Seluruh Indonesia (PB PODSI) Basuki Hadimuljono agar bisa menggelar iven dayung bertaraf nasional di Sungai Siak.

"Menteri PUPR kan Ketum Dayung, nanti bisa diadakan lomba dayung di Sungai Siak ini. Banyak orang datang ke Siak, sambil melihat lomba dayung juga menikmati destinasi wisata di sini," kata Ketum KONI.

Norman mengaku, awalnya tidak punya agenda untuk sampai di Siak. Sebab, dia baru saja melakukan kunjungan kerja ke Aceh dan Sumatera Utara untuk melihat kesiapan tuan rumah pelaksanaan PON ke-21 tahun 2024 mendatang. 

"Tapi istri saya (Ketum Pordasi) telpon dan mengajak ke Siak dulu, sebelum ke Jakarta. Apalagi, ada agenda peletakkan batu pertama pembangunan arena pacuan kuda di Pekanbaru. Sampai di Siak, memang luar biasa Pak Bupati. Saya terkesan di sini. Kota tertata rapi dan bersih. Saya berani katakan, Siak ini kota percontohan di Riau," ujar Norman.

Hal senada juga disampaikan Ketua Umum Pengurus Pusat Persatuan Olahraga Berkuda Seluruh Indonesia (PP Pordasi) Triwatty Marciano. Sejak berada di Siak, Jumat (27/1/2023) lalu, dia mengaku betah berada di ibukota Kabupaten Siak ini. 

"Kotanya bersih, indah dan tertata rapi. Masyarakatnya juga ramah. Terima kasih Pak Alfedri dan jajarannya yang sudah melayani kami dengan baik selama berada di Siak. Pengalaman 3 hari di sini tak kan pernah kami lupakan," puji Triwatty.

Bupati Siak Alfedri mengucapkan terima kasih atas suksesnya pelaksanaan Rakernas dan pelantikan Pengurus Pordasi Riau di Kota Siak. Dia berharap, pengalaman pengurus Pordasi Pusat dan Pengcab Pordasi seluruh Indonesia selama berada di Siak bisa disampaikan kepada masyarakat luas. 

"Terima kasih Pak Ketum KONI dan Bu Ketum Pordasi beserta jajarannya dan Pengcab Pordasi seluruh Indonesia atas kehadirannya di Kota Siak. Semoga pengalaman selama di sini berkesan. Bisa bantu promosikan juga Siak, sehingga semakin banyak wisatawan berkunjung ke Kota Istana ini," ujar Alfedri.

Acara penutupan Rakernas Pordasi di Siak tampak begitu meriah. Usai makan malam, dilanjutkan dengan nyanyi dan joget bersama. Suasana kekeluargaan pun terlihat, saat jajaran pengurus Pordasi Pusat dan pengurus Pordasi daerah berbaur sembari joget bersama diiringi musik organ tunggal. Hingga pukul 23.00 WIB, acara berakhir.(*)

Ikuti Terus Riauin

Berita Terkait

Berita Terpopuler