Kanal

Kamsol Inginkan Rest Area Tol Pekanbaru-Bangkinang untuk UKM dan Promosi Pariwisata

RIAUIN.COM - Tol Pekanbaru-Bangkinang sepanjang 31 kilometer resmi dibuka untuk umum, Kamis (27/10/2022). Operasional perdana jalan bebas hambatan itu dibuka langsung oleh Gubernur Riau Syamsuar didampingi Pj Bupati Kampar Kamsol dan Forkompida Riau.

Meski sudah dioperasikan, namun rest area (tempat istirahat) tol ini belum dibuka. Sebab, panjang jalan tol Pekanbaru-Bangkinang ini hanya 31 kilometer. 

Penjabat (Pj) Bupati Kampar, Kamsol memiliki rencana agar bisa memanfaatan rest area bagi Usaha Kecil Menengah (UKM) dan pariwisata. Ini solusi untuk pelaku usaha di Jalan Raya Pekanbaru-Bangkinang. 

Ia mengakui, volume kendaraan yang melintasi jalan konvensional akan menurun setelah tol beroperasi. Dampaknya akan dirasakan UKM di sepanjang ruas Jalan Lintas Riau-Sumatera Barat tersebut. 

"Inilah yang menjadi perhatian kita. Walaupun kendaraan tidak lewat sana lagi (jalan konvensional), ekonomi tetap hidup," katanya usai pembukaan operasional tol. 

Kamsol berharap, rest area nantinya bukan hanya mengakomodir usaha kuliner. Tetapi menjadi sarana promosi pariwisata di Kampar. 

"Selain ada kuliner khas Kampar, ada juga semacam informasi tempat-tempat wisata yang dapat dikunjungi," pungkasnya.(*)

Ikuti Terus Riauin

Berita Terkait

Berita Terpopuler