Kanal

Gubernur Sumbar akan Terima Sertifikat MURI

PADANG, Riauin.com - Masyarakat Sumatra Barat boleh saja berbangga. Alasannya, Gubernur Sumbar Irwan Prayitno bakal menerima sertifikat dari Museum Rekor Indonesia (MURI) sebagai kepala daerah pencipta pantun terbanyak. Tak mengherankan, Irwan memang dikenal sebagai sosok yang suka menyelipkan pantun-pantun jenaka dalam setiap sambutan resminya.

Penyerahan sertifikat MURI akan dilakukan bersamaan dengan Lomba Pantun Spontan ala Irwan Prayitno yang diinisiasi sendiri oleh sang gubernur. Lomba yang akan digelar pada Ahad (20/8) mendatang di Pantai Muaro Lasak Padang ini diikuti siswa SMA/SMK sederajat dan memperebutkan hadiah Rp 35 juta.

Dalam akun media sosialnya, Irwan menyebutkan bahwa terdapat 50 finalis yang akan unjuk kebolehan berpantun pada Ahad nanti. Jumlah finalis ini telah disaring dari 871 peserta yang mendaftar dari seluruh Sumatra Barat.

"Finalis akan diminta membuat pantun spontan dan dibacakan dihadapan saya, Dewan Juri, dan segenap masyarakat yang hadir," ujar Irwan, Selasa (15/8).

Panitia dan sponsor menyediakan hadiah uang tunai dengan total Rp 35 juta. Rinciannya, 5 terbaik I masing-masing mendapat Rp 3 juta, 5 terbaik ll mendapat Rp 2 juta, dan 10 terbaik III mendatap Rp 1 juta. Seluruh finalis difasilitasi akomodasi dan transportasi.

"Saya akan hadir pada Fesival Pantun tersebut, sekaligus akan menerima sertifikat rekor MURI sebagai Kepala Daerah Pencipta Pantun Terbanyak dan penyerahan sertifikat HAKI atas paten buku Pantun Spontan ala Irwan Prayitno," katanya. 

Irwan juga mengundang seluruh masyarakat agar memeriahkan panggung utama lomba pantun di Tugu Perdamaian, Pantai Muaro Lasak Ahad nanti. (rol)

Ikuti Terus Riauin

Berita Terkait

Berita Terpopuler