Kanal

Puluhan Massa Demo di Depan The Central Plaza Pekanbaru, Ini Tuntutannya

RIAUIN.COM - Aliansi Masyarakat Pasar Senapelan (AMPS) melaksanakan aksi demo damai di depan The Cental Plaza, yang terletak di Jalan Ahmad Yani, Kelurahan Padang Bulan Kecamatan Senapelan, Kota Pekanbaru, Senin (20/1/2022).

Penanggung Jawab aksi, Doni Herman dalam orasinya mengatakan, AMPS mengajukan 2 tuntutan kepada Walikota Pekanbaru terkait pengelolaan pasar oleh Manajemen PT Peputra Maha Jaya (PMJ).

"Kami menuntut kepada Bapak Walikota Pekanbaru untuk mengambil alih pasar Senapelan dengan tidak memperpanjang izin pengelolaan PT PMJ dan mencopot Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Pekanbaru," ujarnya.

Dalam surat tuntutan yang dilayangkan kepada Walikota Pekanbaru itu, AMPS menurunkan massa sekitar 30 orang yang terdiri dari gabungan perwakilan empat RW. Mereka menyampaikan 6 alasan terkait tuntutan tersebut.

"Pertama, tidak ada kepedulian sosial terhadap lingkungan dan masyarakat sekitar Pasar Senapelan. Kedua, Arogansi Manajemen PT PMJ dengan merubah fungsi pasar menjadi hotel," ujar Doni.

Selanjutnya masih disebutkan Doni, poin ketiga menyebut tidak ada kepedulian terhadap dunia pendidikan, khususnya disekitar lokasi pasar, dengan berkonspirasi bersama Disperindag Kota Pekanbaru mengambil lahan SDN 01 Pekanbaru untuk dijadikan pasar.

Keempat, arogansi manajemen PT PMJ dengan meruntuhkan kios di Gedung B lantai 2. Kelima, hanya berorientasi pada keuntungan semata tanpa memperhatikan sosial, budaya, agama dan ketertiban umum. Terakhir, PT PMJ dikatakan telah menunggak pembayaran royalti dan retribusi pasar ke Pemko Pekanbaru.

Menanggapi hal itu, Hana selaku Humas Manajemen PT PMJ mengatakan pihaknya akan menampung semua aspirasi dari demonstran dan akan membahasnya bersama pimpinan.

"Saya mewakili manajemen, apirasi mereka akan kita tampung dan nanti akan disampaikan kepada pimpinan perihal masukan dan aspirasi dari para pengunjuk rasa, bagaimana hasilnya nanti akan kita sampaikan kepada mereka," ujarnya.

Senada dengan Humas PT PMJ, Owner Representative Hotel Ameera Pekanbaru, Rettauli BR Simanjuntak yang berkesempatan hadir dan menerima perwakilan massa mengatakan, pihaknya akan menindak lanjuti tuntutan peserta aksi kepada manajemen.

"Pada pagi hari ini kami sudah mendengar semua yang disampaikan tadi dan intinya aspirasi akan kami tampung untuk kami teruskan kepada pimpinan atau manajemen kami," ujar Retta.

Dari pantauan Riauin.com di lokasi, terlihat sejumlah aparat kepolisian melakukan pengawalan di halaman The Central Plaza tersebut.

Kapolsek Senapelan Kompol Arry Prasetyo saat dimintai keterangan terkait aksi tersebut mengatakan, pihaknya menurunkan 40 personel yang terdiri dari personel Polsek Senapelan dan dibantu personel Polresta Pekanbaru untuk melakukan pengamanan.

"Hari ini kita menerima aksi penyampaian pendapat di muka umum dari Aliansi Masyarakat Pasar Senapelan (AMPS). Mereka menyampaikan aspirasi, kita melakukan pengamanan," ucap Arry.

Kapolsek menyebutkan, massa aksi tersebut menuntut kepedulian sosial dari pihak manajemen PT PMJ terhadap masyarakat sekitar.

"Dalam penyampaian aspirasi, mereka melakukan aksi dengan aman, tertib dan lancar. Aksi dimulai sekitar jam 10.00 WIB dan selesai pada jam 11.00 WIB dengan kawalan lebih kurang 40 personil," tutupnya.-dnr

Ikuti Terus Riauin

Berita Terkait

Berita Terpopuler