Kanal

Bupati Siak Laporkan Pelaksanaan Pilpung ke Dirjen Bina Pemdes

RIAUIN.COM- Bupati Siak, Alfedri melaporkan pelaksanaan Pemilihan Penghulu Kampung (Pilpung) serentak yang digelar di beberapa kecamatan di Kabupaten Siak, Kamis (11/11/2021) ke Dirjen Bina Pemerintah Desa, Yusharto Huntoyungo. Lamporan tersebut disampaikan melalui video conferance setelah meninjau pelaksanaan Pilpung ke lapangan.

"Kami bersama Forkopimda Kabupaten Siak melaporkan seluruh tahapan persiapan pelaksanaan Pemilihan Penghulu Kampung. Utamanya terkait penerapan protokol kesehatan, sehingga diharapkan Pemilihan Penghulu Kampung serentak di Kabupaten Siak dapat berjalan tertib, aman dan bebas Covid-19," kata Alfedri. 

Pilpung serentak ini digelar di 13 kecamatan, di antaranya Kecamatan Tualang, Minas, Kandis, Sungai Apit, Bungaraya dan Kerinci Kanan. Sedangkan jumlah desa/kampung yang menyelenggarakan Pilpung sebanyak 37 desa.

Dari 37 desa terdapat 129 TPS dengan total pemilih sebanyak 90.161 orang. Sedangkan jumlah calon yang akan dipilih sebanyak 126 calon penghulung kampung.

"Hari ini secara serentak kami bersama Wabup dan Sekda meninjau Pilpung di sejumlah titik, Pak Husni di Tualang, Minas dan Kandis. Pak Sekda di Sungai Apit, Bungaraya. Saya di Kerinci Kanan," kata dia. 

Direktur Jenderal Bina Pemerintahan Desa, Yusharto Huntoyungo dalam arahannya minta agar Pemkab Siak tetap waspada terhadap pandemi Covid-19 dan mendorong seluruh Pemerintah Kampung di wilayahnya agar terus memperkuat PPKM Mikro melalui pengoptimalan peran posko desa.

"Kami mendorong penyelenggara Pilpung dengan tetap menerapkan 5 M, yakni memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, mengurangi mobilitas dan menjauhi kerumunan, serta mendorong percepatan vaksinasi Covid-19," ujarnya. 

Yusharto menegaskan, Direktorat Jenderal Bina Pemerintahan Desa akan terus memantau implikasi Pemilihan Penghulu Kampung terhadap penyebaran Covid-19 di daerah. -inf
 

Ikuti Terus Riauin

Berita Terkait

Berita Terpopuler