Kanal

Bupati Siak Pimpin HUT Ke-61 UU Pokok Agraria, Aplikasi Online Loket Ku Diluncurkan

RIAUIN.COM- Bupati Siak Alfedri memimpin upacara peringatan Hari Ulang Tahun Ke-61 Undang-undang Pokok Agraria, Jumat (24/9/2021) di Halaman Kantor Pertanahan Kabupaten Siak, Kompleks Perkantoran DPRD Siak. Dalam acara tersebut diluncurkan aplikasi pendaftaran online Loket Ku yang merupakan program pusat. 

Adanya aplikasi online Loket Ku, permohonan informasi online masyarakat lebih yakin mengenai kelengkapan berkasnya sebelum datang ke Kantor Pertanahan.

"Aplikasi ini nantinya akan meningkatkan efisiensi waktu, biaya dan transparansi pelayanan," ucapnya. 

Selanjutnya kata dia, perlu dikawal mengenai pemberdayaan masyarakat akses refom untuk memastikan penerima sertifikat mendapatkan akses permodalan.

"Mari kita bersama-sama Pemda dan stakeholder terkait untuk mendorong diberikannya akses refom kepada penerima sertifikat redistribusi tanah. Tentunya agar dapat memberdayakan asetnya untuk dijadikan modal usaha sehingga akan meningkatkan perekonomian warga," pintanya. 

Dalam rangka memerangi kejahatan pertanahan atau kerap disebut mafia tanah yang meresahkan masyarakat Kementerian ATR, BPN bekerjasama dengan kepolisian bersama-sama memberantas mafia tanah sampai ke akar-akarnya. 

"Beberapa kasus, bahkan kasus besar di pusat sudah diungkap, bahkan sudah divonis dan ada juga yang sedang proses hukum. Bagi pegawai ATR, BPN ASN  jangan sekali-kali menjadi mafia tanah, saya tidak segan-segan untuk mengambil tindakan tegas bahkan memecat oknum yang terbukti terlibat," terangnya. 

Pada kesempatan itu Kepala Kantor Pertanahan kabupaten Siak, Budi Satrya menyerakan piagam penghargaan kepada 9 desa dan 3 perusahaan yang ikut menyukseskan kegiatan PTSL di Kabupaten Siak serta menyerahkan sertifikat tanah instansi. 

Selain penyerahan piagam penghargaan Satya Lencana X dan XX Tahun kepada sejumlah pegawai Kantor Pertanahan Kabupaten Siak, Bupati juga memberikan piagam penghargaan sebagai bentuk apresiasi pelaksanaan kegiatan distribusi tanah tahun 2021 kepada Kepala Kantor Pertahanan Kabupaten Siak.

Pemkab Siak memberikan mengapresiasi kepada Kantor Pertanahan Kabupaten Siak, yang telah memberikan kemudahan kepada masyarakat tidak mampu dan instansi dalam kemudahan menerbitkan sertifikat tanah. 

Hadir dalam upacara itu Wakil Bupati Siak, Forkompinda Kabupaten Siak serta para pimpinan OPD Kabupaten Siak. Usai apel dilakukan pemotongan nasi tumpeng oleh Bupati, apel juga diikuti pegawai BPN dan pelajar di Kota Siak. -inf

Ikuti Terus Riauin

Berita Terkait

Berita Terpopuler