Kanal

Gempa Bumi 7,2 SR Guncang Haiti, 304 Orang Tewas, Ratusan Lainnya Luka

RIAUIN.COM - Sedikitnya 304 orang tewas dan ratusan lainnya luka-luka akibat musibah gempa bumi di Haiti pada Sabtu, (14/8/2021).

Gempa bumi berkekuatan 7,2 skala richter pada itu terjadi pukul 8.30 pagi waktu setempat. Akibatnya, puluhan fasilitas umum seperti gereja-gereja, hotel, sekolah dan rumah-rumah warga hancur.

Guncangan gempa bumi terasa hingga ke Kuba dan Jamaika. Gempa bumi di Haiti kali ini lebih dahsyat dibanding musibah yang sama pada 11 tahun silam dengan kekuatan 7 skala richter dan menewaskan puluhan ribu orang.

Hingga saat ini, gempa susulan bermagnitudo sedang hingga rendah masih kerap terjadi.

Lembaga Geological Survey Amerika Serikat mencatat gempa bumi terjadi di Kota Petit Trou de Nippes atau sekitar 150 kilometer wilayah barat Ibu Kota Port-au-Prince, dengan kedalaman 10 kilometer.

Layanan Perlindungan Warga Sipil Haiti menyebut korban tewas dalam musibah ini sebanyak 304 orang. Sedangkan korban luka-luka saat ini berjumlah 1.800 orang.

Operasi penyelamatan oleh tim tanggap darurat dan dibantu warga, berhasil menyelamatkan ratusan korban dari tumpukan puing-puing. Akibat gempa ini, setidaknya 949 rumah, 7 gereja, 2 hotel dan 3 sekolah hancur total. -dn

Ikuti Terus Riauin

Berita Terkait

Berita Terpopuler