Kanal

Dikembangkan Selama 17 Tahun, Richard Branson Sukses Jajal Roket Luar Angkasa Miliknya

RIAUIN.COM - Miliarder Sir Richard Branson sukses terbang tinggi di atas New Mexico, Selasa (13/7) dengan roket yang telah dikembangkan selama 17 tahun.

Perjalanan itu, menurut dia, "pengalaman seumur hidup". Dia kembali ke Bumi dengan selamat setelah sekitar satu jam lepas landas.

"Saya telah memimpikan momen ini sejak saya masih kecil, tapi jujur saja, tidak ada yang bisa mempersiapkan Anda untuk memandang Bumi dari angkasa luar," katanya dalam konferensi pers setelah penerbangan tersebut.

"Perjalanan ini sungguh merupakan keajaiban."

Perjalanan ini juga menjadikan Sir Richard pionir turisme ruang angkasa baru yang menjajal sendiri roketnya, mengalahkan Jeff Bezos dari Amazon dan Elon Musk dengan SpaceX.

Ketinggian yang dicapai Sir Richard dengan pesawat roket yang dinamai Unity itu 85 kilometer (282.000 kaki; 53 mil).

Dalam misi tersebut, pengusaha ini ditemani oleh dua orang pilot, Dave Mackay dan Michael Masucci, dan tiga karyawan Galactic - Beth Moses, Colin Bennett, dan Sirisha Bandla.

Tiga orang yang disebut belakangan bersama Sir Richard berkendara di sayap astronaut komersial setelah penerbangan oleh mantan komandan stasiun luar angkasa dan astonaut Kanada, Chris Hadfield.

Segera setelah roket berhasil kembali ke Bumi, ucapan selamat mengalir di media sosial, termasuk dari Wakil Presiden Venkaiah Naidu.

"Saya membawa buku catatan dan menulis 30 atau 40 hal-hal kecil yang dapat membuat pengalaman mereka yang akan berwisata ke luar angkasa dengan kami lebih baik," ujar Sir Richard. -dn

Ikuti Terus Riauin

Berita Terkait

Berita Terpopuler