Kanal

Ditutup Wabup Asmar, Tebing Tinggi Pertahankan Juara Umum MTQ Meranti

RIAUIN.COM - Kegiatan Musabaqoh Tilawatil Quran (MTQ) Ke-12 tingkat Kabupaten Kepulauan Meranti 2021, resmi ditutup Wakil Bupati Kepulauan Meranti Asmar. Penutupan kegiatan syiar islam melalui lomba baca, hafal dan tulis ayat suci Alquran itu dilaksanakan di Halaman Masjid Agung Darul Ulum, Selatpanjang, Senin (5/4/2021).

Penutupan MTQ tahun ini ditandai dengan penekanan tombol sirene oleh Wakil Bupati didampingi Forkopimda, Kepala OPD dan Para Camat se-Kabupaten Meranti.

Setelah para Qori dan Qoriah utusan 9 kecamatan se-Kabupaten Meranti berlomba selama 5 hari dalam memperebutkan gelar juara pada MTQ Ke-12 Tingkat Kabupaten Kepulauan Meranti 2021, Dewan Hakim memutuskan Kecamatan Tebing Tinggi berhasil mempertahankan gelar dan keluar sebagai juara umum dengan nilai 53, diikuti Juara II Kecamatan Rangsang Barat dengan nilai 48, dan Juara III Kecamatan Rangsang Pesisir dengan nilai 48.

Sementara untuk Qori terbaik jatuh kepada Syahrizan peserta Cabang Tilawah golongan dewasa dengan jumlah nilai 94.1 utusan Kecamatan Rangsang Barat.

Dalam pidatonya, Asmar mengucapkan terima kasih kepada panitia dan semua pihak yang telah mensukseskan penyelenggaraan MTQ Ke-12 Kepulauan Meranti Tahun 2021. Ucapan selamat juga disampaikan Wabup kepada para Qori dan Qoriah yang berhasil menoreh perestasi gemilang.

"Selamat bagi yang meraih prestasi, dan bagi yang belum berhasil diharapkan dapat terus berlatih dengan maksimal sehingga di iven berikutnya dapat menjadi juara," kata Wabup.

Seperti diketahui para Qori dan Qoriah terbaik dalam ajang MTQ Kabupaten kali ini akan mewakili Meranti di ajang MTQ Tingkat Provinsi Riau.

Wabup berharap Meranti dapat menjadi yang terbaik di tingkat provinsi. Untuk itu ia meminta LPTQ bisa membimbing dan membina secara khusus Qori dan Qoriah Meranti sehingga meraih prestasi sesuai yang diharapkan.

Selanjutnya, MTQ ini memiliki peran yang strategis dalam meningkatkan ukuah Islamiah sekaligus meningkatkan pengetahuan masyarakat dalam hal seni membaca, menulis, mengamalkan, dan menghafal Alquran. Iapun berharap kepada masyarakat melalui momentum ini dapat mengaplikasikan dan mengamalkan kandungan Alquran dalam kehidupan sehari-hari.

Terakhir kepada seluruh  masyarakat Wabup Meranti meminta untuk terus menggaungkan Alquran hingga kepelosok negeri yang diiringi dengan pengamalan isi kandungan Alquran dalam kehidupan sehari hari, sehingga Meranti dapat terhindar dari bala becana dan menjadi negeri yang baldatun, toybatun, warabun ghofur. 

"Mari pelajari, pahami dan aplikasikan Al-Quran dengan sebaik-baiknya agar kita semua diberi keselamat oleh Allah SWT," ujarnya lagi.

Kepada para pemenang sesuai dengan janji Bupati Kepulauan Meranti akan diberikan perhatian khusus salah satunya beasiswa pendidikan gratis sesuai dengan bidang yang diminati. Selain itu juga kepada Qori dan Qoriah terbaik, Pemkab Meranti akan memberi bonus berangkat umroh.

Turut hadir Sekretaris Daerah Kepulauan Meranti H Kamsol, Asisten I Sekda yang juga Ketua Panitia MTQ Syamsuddin dan Jajaran Pejabat Eselon II dilingkungan Pemkab Meranti, Kepala Kantor Kemenag Meranti Agustiar, Ketua MUI Meranti H Mustafa, Danramil Tebing Tinggi Mayor TNI Bismi Tambunan, Danposal Lettda Jeri Hendra, Perwakilan Kajari Meranti, Perwakilan Polres Meranti, Ketua MKA LAM Meranti Dt Ridwan Hasan, Tokoh Agama dan masyarakat lainnya.--syah.

Ikuti Terus Riauin

Berita Terkait

Berita Terpopuler