Kanal

Hanya Rp900 Per Kilometer, Tol Pekanbaru-Dumai Termurah di Indonesia

RIAUIN.COM - Setelah diresmikan Jumat (26/9) oleh Presiden RI Joko Widodo, mulai hari ini, Sabtu (26/9) Jalan Tol Pekanbaru-Dumai (Permai) resmi beroperasi.

Keberadaan Tol Pekanbaru-Dumai (Permai) menjadi kebanggaan bagi masyarakat Riau. Pasalnya, selain pertama di Riau, keberadaan Tol Pekanbaru-Dumai ini juga merupakan termurah di Indonesia. Tarif masuknya hanya Rp900 per kilometer. 

Tidak hanya itu, keberadaan jalan Tol Pekanbaru-Dumai ini juga akan menjadi akses positif dalam meningkatkan perekonomian masyarakat maupun kemajuan daerah kedepan. 

Karena dengan adanya tol ini hubungan antar daerah akan lebih gampang yang juga bisa mempermudah masyarakat dalam menciptakan lapangan kerja, salah satunya membuat usaha yang sudah bisa antar daerah. 

Sedangkan untuk dampak positif ke daerah, keberadaan Tol Pekanbaru-Dumai ini bisa menjadi daya tarik bagi para investor masuk ke Riau. 

Apalagi Dumai merupakan kota pelabuhan dengan industri perminyakan, agribisnis yang maju, serta kawasan industri perkebunan, pengembangan pariwisata dan lainnya yang sebelumnya menjadi daya tarik bagi investor. Sehingga jika investor masuk ke Riau dengan sendirinya juga akan mencipatkan lapangan kerja untuk masyarakat dan memajukan daerah Riau ke depan. 

Hal ini, sesuai yang diungkapkan Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat peresmian. Dimana, Tol Pekanbaru-Dumai ini selain banyak manfaat untuk  masyarakat juga meningkatkan konektivitas antar Provinsi. Karena Tol Pekanbaru-Dumai ini juga merupakan bagian dari Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) sepanjang 2.878 Km, yang membentang dari berbagai provinsi di Indonesia. Khusnua Sumatera, seperti Lampung hingga Aceh sebagai koridor utama. Sumatera Barat (Sumbar), Jambi, Pelembang dan lainya. 

"Jadi tol ini sebagai modal bagi masyarakat maupun daerah untuk peningkatan peluang-peluang usaha maupun interaksi lainnya kedepan," tutur Presiden.

Saking bangga dengan keberadaan tol ini, Gubernur Riau H Syamsuar pun kembali melakukan uji coba menggunakan Tol Pekanbaru-Dumai ini setelah diresmikan oleh Presiden RI kemarin. Dimana, Syamsuar mencoba langsung masuk gerbang tol, setelah membayar dengan kartu elektronik.

Setelah melakukan uji coba, Syamsuar menyampaikan untuk masyarakat penggunaan jalan tol selam 2 minggu ke depan digratiskan. Sesuai janji yang disampaikan kepada Presiden untuk memberikan program gratis pada masyarakat setelah diresmikan. Meskipun hanya dua minggu ke depan yang juga dalam masa percobaan. 

Yang pasti, kata Gubri, Riau maupun masyarakatnya sangat berterimaksih kepada Presiden RI, atas pembangunan Tol Pekanbaru-Dumai ini. Diharapkan kedepan bisa dimanfaatkan masyarakat dengan baik, lancar dan bisa sama-sama menjaga dengan baik. 

"Jangan sampai disalahgunakan, seperti menjadi ajang balap liar dan lainnya. Tapi manfaatkanlah sebagaimana tujuannya," tuturnya, seraya menyampaikan terima kasih kepada masyarakat telah mendukung pembangunan Tol Pekanbaru-Dumai selama ini.--mcr/nal.

Ikuti Terus Riauin

Berita Terkait

Berita Terpopuler