Kanal

Liga Eropa: Atasi FC Basel 4-1, Shakhtar Donetsk Ditunggu Inter Milan di Semifinal

RIAUIN.COM - Tim kebanggan Ukraina, Shakhtar Donetsk, berhasil memenangi laga kontra FC Basel di babak perempatfinal Liga Eropa 2019-2020. Bermain di Veltins Arena, Rabu (12/8/2020) dini hari WIB, Kroty –julukan Shakhtar– menang dengan skor 4-1 atas Basel.

Shakhtar memulai laga dengan sangat baik. Permainan agresif langsung ditunjukkan wakil Ukraina itu ke pertahanan Basel. Tak disangka, tekanan yang dilancarkan Shakhtar membuahkan hasil.

Pada menit kedua, Shakhtar berhasil membuka keunggulan lewat Junior Moraes. Memanfaatkan umpan sepak pojok dari Marlos Bonfim, Moraes meneruskannya dengan sundulan keras untuk memberi keunggulan kepada Shakhtar. Kedudukan berubah 1-0.

Tertinggal, Basel pun mencoba bangkit. Tetapi, Shakhtar juga tidak tinggal diam dengan tetap aktif melakukan serangan. Bahkan pada menit 22, Shakhtar kembali menggandakan keunggulan lewat aksi Taison.

Kali ini gol terjadi begitu apik lewat kerja sama para pemain Shakhtar. Marlos pun kembali bertindak sebagai assist yang kemudian mampu diselesaikan dengan baik oleh sepakan keras Taison. Kedudukan berubah 2-0.

Setelah gol kedua, Shakhtar juga tak mengendurkan serangan. Mereka masih tetap melakukan berbagai serangan dan menghasilkan beberapa peluang terbaik. Salah satunya pada menit 39 saat Marcos Antonio melancarkan tembakan keras ke ujung gawang Basel. Sayang tembakannya masih menyentuh mistar gawang.

Akhirnya hingga babak pertama selesai, kedudukan tak berakhir. Shakhtar unggul 2-0 atas Basel di 45 menit pertama

Babak Kedua
Memasuki babak kedua, Shakhtar masih tetap aktif melakukan tekanan. Meski telah unggul dua gol, tetapi Shakhtar tak ingin lengah sedikitpun.

Namun, Basel juga tidak berdiam diri. Mereka juga sesekali memberi serangan kepada Shakhtar untuk mendapatkan gol demi memperkecil ketertinggalan. Sayang usaha mereka belum berhasil.

Pada menit 62, Basel sempat mendapatkan harapan ketika Afimico Pululu dilanggar di kotak penalti oleh bek Shakhtar yakni Dodo. Namun, VAR tak memberi hadiah penalti sehingga kedudukan masih tetap 2-0 untuk keunggulan Shakhtar.

Beberapa menit berselang, Shakhtar justru yang mendapat hadiah penalti setelah Taison dilanggar di kotak penalti. Kesempatan tersebut kemudian tak disia-siakan oleh Alan Patrick yang bertindak sebagai algojo. Alan Patrick membawa Shakhtar unggul 3-0 atas Basel pada menit 75.

Unggul tiga gol, Shakhtar masih belum puas. Jelang laga berakhir, Shakhtar menambah keunggulan lewat aksi Dodo. Memanfaatkan umpan Tete, Dodo melanjutkannya dengan sepakan ke arah pojok gawang untuk membawa Shakhtar unggul 4-0.

Namun seakan telat panas, Basel baru berhasil mencetak gol saat laga berjalan 90+2. Basel sukses melesakkan satu gol lewat kaki Ricky van Wolfswinkel. Kedudukan pun berubah menjadi 4-1 dan masih untuk keunggulan Shakhtar.

Akhirnya hingga laga berakhir, skor tak berubah. Shakhtar memenangi laga dengan skor 4-1 dan memastikan satu tempat di babak semifinal. Pada babak empat besar Shakhtar akan berjumpa wakil Italia yakni Inter Milan.

Susunan Pemain:

SHAKHTAR DONETSK XI (4-2-3-1): Andriy Pyatov (c); Dodo, Sergey Krivtsov, Valerii Bondar, Mykola Matvyenko; Marcos Antonio, Taras Stepanenko; Marlos Bonfim, Alan Patrick, Taison; Junior Moraes.

BASEL XI (4-3-3): Djordje Nikolic; Silvan Widmer, Omar Alderete, Jasper van der Werff, Raoul Petretta; Taulant Xhaka, Samuele Campo, Fabian Frei; Valentin Stocker (c), Arthur Cabral, Afimico Pululu.

Ikuti Terus Riauin

Berita Terkait

Berita Terpopuler