Kanal

Mau Naik Pesawat, Ini 3 Maskapai yang Sediakan Rapid Test Beserta Harganya

JAKARTA, RiauIN.com - Maskapai penerbangan Indonesia menerapkan protokol kesehatan Covid-19 secara ketat di era New Normal sekarang ini. Salah satunya adalah mengharuskan bagi setiap penumpang untuk menjalani rapid test atau PCR test demi mengetahui terjangkit Corona atau tidak. 

Berdasarkan surat edaran (SE) yang dikeluarkan oleh Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Nomor 7 Tahun 2020, terdapat kriteria dan syarat bagi orang yang melakukan perjalanan. Salah satu syarat yang harus dipatuhi adalah menyerahkan surat keterangan uji rapid tes dan tes PCR dengan hasil negatif virus corona.

Melihat kondisi tersebut, beberapa maskapai di Indonesia telah menyediakan layanan rapid test untuk mempermudah calon penumpang yang hendak bepergian dengan transportasi udara. Berikut tiga maskapai di Indonesia yang menawarkan jasa rapid test:

1. Sriwijaya Air Group - Rp300 Ribu

Sriwijaya Air Group menyediakan layanan fasilitas rapid test virus corona untuk para calon penumpang. Pengadaan fasilitas rapid test dilakukan seiring dengan periode transisi menjelang new normal yang kini tengah berjalan.

Direktur Utama Sriwijaya Air, Jefferson Jauwena, mengatakan total ada lima titik yang disediakan perusahaan dalam layanan rapid test, antara lain di Sriwijaya Air Tower di Cengkareng, Sales Office Sriwijaya Air Melawai di Jakarta, Sales Office Sriwijaya Air di Makassar, dan Sales Office Sriwijaya Air di Pontianak.

Fasilitas rapid test ini sudah dimulai dan terbuka untuk umum, sehingga siapa pun bisa langsung datang ke lima lokasi tersebut. Pelaksanaan rapid test di Jakarta, Pontianak, dan Makassar dibanderol Rp300 ribu.

Hasil rapid test ini bisa langsung diketahui paling lama 30 menit setelah menyelesaikan prosedur. Kendati baru ada di lima titik, pihak Sriwijaya Air Group rencananya akan menambah lokasi rapid test di beberapa kota lainnya.

2. Garuda Indonesia - Rp315 Ribu
Maskapai penerbangan Garuda Indonesia menyediakan layanan pengecekan reaktif COVID-19 atau rapid test bagi penumpang yang membeli tiket kelas bisnis atau layanan Premium Check-in. Rapid test tersebut bisa dilakukan di Hutan Kota By Plataran, yang berada di area Gelora Bung Karno, Jakarta Pusat.

Untuk pengguna tiket Garuda Indonesia Premium Check-in, nantinya tidak perlu lagi mengantre di barisan area check-in Bandara Soekarno-Hatta. Sebelum menuju bandara, staf Garuda Indonesia yang berada di Plataran akan memeriksa dokumen yang dibutuhkan saat penerbangan.

Layanan rapid test Covid-19 ini merupakan kerjasama Garuda Indonesia dengan Indonesia Medical Travel Board (IMTB). Sementara itu, Puspa Widyowati, Bussiness Relationship Manager Indonesia Medical Tourism Board, mengatakan bahwa harga untuk pemeriksaan rapid test dibanderol sebesar Rp315 ribu. Sedangkan untuk pemeriksaan polymerase chain reaction (PCR), harga yang harus dibayar sebesar Rp1,5 juta.

Hasil masing-masing test Covid-19 dapat diberikan secara online melalui whatsapp, email, atau juga bisa berupa hard copy yang dapat diambil di Hutan Kota by Plataran. Untuk rapid test hasilnya akan keluar dalam waktu 20 menit setelah pemeriksaan. Sedangkan, untuk test PCR akan selesai dalam waktu 3 hari.

3. Lion Air - Rp95 Ribu
Corporate Communications Strategic of Lion Air Group, Danang Mandala Prihantoro, menjelaskan tawaran metode uji kesehatan skrining awal dan cepat (rapid test) virus corona diberikan khusus kepada penumpang Lion Air Group.

Biaya Rapid Test Covid-19 yang harus dikeluarkan sebesar Rp95 ribu. Biaya tersebut sudah termasuk surat keterangan sesuai hasil dengan masa berlaku 14 hari. Selain itu, pelaksanaan Rapid Test Covid-19 bekerja sama dengan Klinik Lion Air Medika.

Layanan ini tersedia di tiga maskapai Lion Air Group, yakni Lion Air, Wings Air, dan Batik Air mulai Senin (29/6/2020) lalu. Pada tahap awal, layanan Rapid Test Covid-19 tersedia di empat lokasi kantor Lion Air, yakni di Jl. Gajah Mada, Jl. Kalimalang, Jl. Kedoya Raya, dan Jl. Marsekal Surya Darma Kota Tangerang.

Untuk syarat ketentuan menikmati layanan Rapid Test Covid-19 Lion Air, yakni sebagai berikut:

1. Khusus penumpang yang mempunyai tiket pada penerbangan Lion Air Group,

2. Pembelian voucher Rapid Test Covid-19 dapat dilaksanakan dan diperoleh secara langsung pada saat melakukan pembelian tiket (issued ticket),

3. Bagi penumpang yang sudah memiliki tiket pesawat Lion Air Group dan belum melaksanakan Rapid Test Covid-19, maka dapat membeli voucher Rapid Test Covid-19 dengan menunjukkan kode pemesanan (booking code) melalui sales channel seperti call center, kantor penjualan Lion Air Group, dan online travel agent.(fbh)

Ikuti Terus Riauin

Berita Terkait

Berita Terpopuler