Kanal

Dulu Belajar Otodidak, Sekarang Remaja Difabel Ini Jadi Guru Alquran

JAKARTA, RiauIN.com - Keberhasilan akan lahir dari usaha yang keras. Begitulah gambaran kondisi Liaquat, laki-laki difabel berusia 18 tahun dari Skardu, Pakistan. Ia mampu belajar Alquran sendiri tanpa bantuan alias otodidak.

Kisah inspiratif ditunjukkan Liaquat viral di media sosial dan mengundang decak kagum banyak orang.

Pantang menyerah, Liaquat tak membiarkan keterbatasan fisiknya menjadi alasan tidak mampu membaca Alquran. Kini, berkat kegigihannya belajar, ia berhasil menjadi pengajar baca Alquran.

Tak hanya itu, Liaquat juga belajar bahasa Inggris secara otodidak. Ia mengaku ingin belajar seperti anak-anak lain, tapi selalu terhalang karena kondisi fisiknya yang terbatas.

Hal inilah yang kemudian mendorongnya untuk belajar otodidak, hingga akhirnya fasih dalam baca Alquran, berbahasa Inggris dan bahasa Urdu, diikuti dengan bahasa ibunya.

Melansir dari theislamicinformation, Jumat (19/6/2020), Liaquat menceritakan bahwa buah manis dari kefasihannya dalam membaca Alquran dimulai dari belajar dari Qaeda, yang kemudian secara perlahan bergerak maju menuju Alquran dan mendalaminya secara mandiri.

Liaquat sekarang menjadi guru yang mengajarkan Alquran kepada anak-anak tetangga di daerahnya. Ia berharap ada bantuan pemerintah agar bisa mendanai untuk melanjutkan studinya.

Liaquat sangat ingin sekali bekerja di perusahaan. Meski fisiknya tak sempurna, ia memiliki cita-cita. Tapi, selama ini Liaquat menyembunyikannya dari orangtuanya.

Dia tak pernah menuntut kedua orang tuanya untuk mewujudkan mimpinya dengan kondisinya yang tak sempurna. Ia juga tak pernah meminta keduanya untuk membawanya ke sekolah.

Liaquat bahagia karena diperlakukan dengan sangat baik oleh penduduk setempat. Namun, kurangnya fasilitas yang memadai bagi penyandang disabilitas membuat dia masih merasa kurang aman dalam beraktivitas.(fbh)

Ikuti Terus Riauin

Berita Terkait

Berita Terpopuler