Kanal

Pedagang di Kota Dumai Terobos Portal Gerbang Taman Bukit Gelanggang

DUMAI, RiauIN.com - Portal pintu masuk gerbang Taman Bukit Gelanggang (TBG) diturunkan. Aparat Satpol Pamong Praja berjaga menahan setiap pedagang yang mencoba masuk dengan cara menerobos portal.

Peristiwa diatas terjadi pada Rabu (3/6/2020), dimana para pedagang bersikeras untuk dapat masuk dan berjualan di dalam TBG, Kota Dumai. Namun pihak keamanan bersama tim Satpol PP Kota Dumai menghalangi.

Dari pantauan RiauIN.com di lapangan, terjadi persitegangan antara kedua pihak. Peristiwa terjadi terjadi sekitar satu jam, Rabu (3/5/2020) sekira pukul 15.30-16.30 WIB.

"Tolong dibuka portalnya bapak-bapak. Kami hendak berjualan di dalam. Kami bukan untuk mengganggu keamanan, hanya mencari makan," kata Khairul, salahnseorang pedagang, kepada petugas yang menjaga ketat pintu gerbang.

Namun petugas tak bergeming. Mereka beralasan TBG belum boleh dimasuki pedagang sebelum ada izin dari dinas terkait.

Sedangkan para pedagang tetap berkeras bahwa mereka akan tetap masuk ke dalam kawasan TBG tersebut.

"Kami cuma ingin mencari makan, Pak. Bukan mau mencari kaya," kata sejumlah pedagang yang lain.

Alhasil dari persitegangan tersebut pedagang tetap memaksa masuk ke dalam dalam TBG dengan cara mengangkat barang dagangan mereka. 

Walaupun portal pintu gerbang tidak dibuka petugas keamanan, mereka melakukan segala upaya supaya bisa berdagang di dalam. Sebagian pedagang pun berhasil lolos dan menggelar jualannya.

Peristiwa itu terjadi disebabkan para pedagang sudah tidak melakukan kegiatan mereka di lokasi wisata tersebut kurang lebih hampir dua bulan lamanya. Hal ini sejalan dengan kebijakan Pemko Dumai memberlakukan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), dan pemutusan mata rantai Covid-19.

Namun setelah PSBB tidak ada lagi, TBG masih tertutup bagi pedagang. Setiap kali ditanyakan pedagang kepada petugas jawabannya selalu sedang menunggu arahan dari Dinas Pariwisata dan Dinas Pemuda dan Olahraga Kota Dumai.

Para pedagang juga sangat berharap agar Kadis Pariwisata bisa dijumpai, atau duduk bersama mereka. Agar ada penjelasan terhadap pelarangan untuk berjualan d area TBG.

Namun dalam persitegangan tersebut tidak ada terjadi bentrok atau pun kekerasan dari pihak pedagang maupun dari pihak pengamanan. Berkat kebijaksanaan petugas TBG, situasi tetap aman dan terkendali.(drik)

Ikuti Terus Riauin

Berita Terkait

Berita Terpopuler