Kanal

Cegah Warga Mudik, Polda Riau Siagakan 60 Pos Pengamanan

PEKANBARU, RiauIN.com - Kepolisian Daerah (Polda) Riau menyiagakan 60 pos pengamanan yang tersebar di sejumlah wilayah dan perbatasan dengan provinsi tetangga untuk mengantisipasi adanya arus mudik Idul Fitri 2020.

"Polda Riau tidak akan memberikan ruang bagi masyarakat untuk melaksanakan mudik sesuai aturan Permenhub," kata Kepala Bidang Humas Polda Riau Kombes Pol Sunarto dalam keterangan tertulis, Minggu (26/4).

Sunarto mengatakan selain menutup akses darat, Polda Riau juga telah berkoordinasi dengan Dinas Perhubungan untuk menghentikan operasional pelabuhan laut dan bandara serta menghentikan penjualan tiket.

"Upaya itu akan berlangsung sejak 24 April hingga 31 Mei 2020 mendatang," ujarnya. 

Baca Juga:
Kapolda Riau dan Bupati Kampar Tinjau Posko Covid-19 di Perbatasan, Pelanggar PSBB Putar Balik

Ia menjelaskan, berdasarkan aturan Permenhub, kendaraan yang akan keluar atau masuk wilayah pada 24 April sampai 7 Mei diarahkan untuk kembali ke asal perjalanan.

Kemudian kendaraan yang akan keluar dan atau masuk wilayah pada 8 Mei sampai 31 Mei diarahkan untuk kembali ke asal perjalanan dan dikenai sanksi sesuai dengan ketentuan peraturan perundang- undangan.

"Atas dasar aturan itu, Polda Riau hingga tanggal 7 Mei mulai melakukan penyekatan bagi kendaraan yang akan masuk maupun keluar menuju Sumatera Barat. Dan mulai 8 Mei akan memberikan sanksi bagi masyarakat yang tidak patuh," jelasnya.(rls/nal).

Ikuti Terus Riauin

Berita Terkait

Berita Terpopuler