Kanal

Lab PCR Covid-19 Riau Sudah Beroperasi, Garap Sampel dari RS dan Puskesmas

PEKANBARU, RiauIN - Kepala Dinas Kesehatan (Kadiskes) Riau Mimi Yuliani Nazir mengatakan laboratorium Polymerase Chain Reaction (PCR) Covid-19 di RSUD Arifin Achmad sudah mulai beroperasi. Sehingga hasil uji swab bisa diperoleh dengan cepat.

"Alhamdullilah, sudah ada 200 sampel cairan tenggorokan yang kita kumpulkan dari rumah sakit dan Puskesmas di Riau. Dalam waktu dekat, sudah bisa dipastikan apakah pasien itu positif atau negatif Covid-19," kata Mimi saat jumpa pers, Senin (20/4).

Dengan beroperasinya lab PCR Covid-19 ini, lanjut Mimi, tentu membantu kerja tenaga medis dalam upaya penangganan virus Corona di Riau. 

"Status PDP lebih cepat diketahui. Kalau negatif bisa langsung pulang, kalau positif dipindahkan ke ruangan khusus," ujarnya.

Melanjutkan intruksi Gubernur Riau Syamsuar, Mimi mengimbau kepada masyarakat untuk tetap tenang dan tingkatkan kewaspadaan. 

Lakukan pembatasan fisik (physical distancing), walaupun tidak sakit, belum tentu orang yang ditemui negatif Covid-19 dan tidak menyebarkan virusnya. Maka pilihan yang terbaik adalah tetap di rumah dan hindari keramaian.

"Bila harus keluar, gunakan masker sesuai dengan imbauan Gubernur Riau Nomor 96 Tahun 2020 tentang penggunaan masker untuk mencegah penularan Corona Virus Disease 2019 (Covid-19)," ujarnya.

Rutin mencuci tangan (lebih efektif mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir dibandingkan hand sanitizer), jaga pola hidup sehat, makan buah dan sayuran, berolahraga rutin, konsumsi vitamin yang cukup.

"Tidak menyebarkan informasi pribadi pasien seperti nama, alamat, dan keluarganya. Menjaga kerahasiaan data pasien merupakan kewajiban kita semua sesuai Pasal 57 UU 36 Tahun 2009 Tentang Kesehatan. Mari beri dukungan untuk pasien positif, PDP, ODP, dan tenaga medis. Jangan berstigma negatif terhadap mereka, " jelas Mimi.

Bila merasakan gejala, periksa diri ke fasilitas pelayanan kesehatan terdekat atau hubungi call center 0761-23810.(nal) 

Ikuti Terus Riauin

Berita Terkait

Berita Terpopuler