Kanal

Pemkab Meranti Tanggung Biaya Domestik JCH, Termasuk Siapkan Hotel di Pekanbaru

SELATPANJANG, Riauin.com - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kepulauan Meranti bakal menanggung biaya domestik bagi Jemaah Calon Haji (JCH) Kepulauan Meranti 2019.

Adapun perjalanan domestik itu meliputi transportasi dari Selatpanjang menuju Kota Pekanbaru, lalu menginap dan perjalanan dilanjutkan menuju Kota Batam sebelum terbang melanjutkan perjalanan ke tanah suci.

Kepala Bagian Humas dan Protokoler, Sekretariat Daerah Kepulauan Meranti Hery Saputra SH mengatakan upaya tersebut dilakukan untuk meringankan biaya yang ditanggung oleh para JCH.

Dikatakannya, Pemerintah Kabupaten Kepulauan Meranti terus berupaya untuk memberikan pelayanan terbaik dan kemudahan bagi calon jemaah haji Meranti. Agar ibadah yang dilaksanakan baik rukun maupun wajib haji dapat berjalan dengan khusyuk dan sempurna.

"Pemkab Kepulauan Meranti membiayai semua perjalanan domestik JCH hal ini dilakukan untuk meringankan beban jemaah itu sendiri, dan ini setiap tahun kita lakukan," kata Hery.

Sementara itu Embarkasi Haji Antara Riau yang tidak bisa menampung seluruh Jemaah Calon Haji (JCH) karena masih terbatasnya daya tampung dari embarkasi tersebut sudah diantisipasi oleh Pemkab Kepulauan Meranti

Sekretaris Daerah Kepulauan Meranti H Yulian Norwis saat dikonfirmasi  mengatakan bahwa sudah mewanti-wanti hal tersebut.

"Saya sudah mewanti-wanti hal tersebut, karena sebelumnya kita sudah survey dan lihat sendiri kondisi asrama haji melalui Embarkasi Antara Riau," ujar Sekda.

Dirinya mengatakan walaupun asrama haji tidak bisa menampung JCH dari Kepulauan Meranti, Pemkab juga sudah menyiapkan hotel untuk JCH dari Kepualauan Meranti.

"Kita sudah siapkan hotel untuk menampung JCH kita. Itu untuk antisipasi agar JCH kita tidak terlantar saat di Pekanbaru,"  ungkapnya.

Dirinya mengatakan hal ini dilakukan agar JCH tetap prima selama melaksanakan perjalanannya ke tanah suci. Mengingat bahwa nantinya JCH asal Meranti akan berangkat menggunakan kapal dan ditargetkan menginap di Pekanbaru.

"JCH kita itu perlu kondisi prima dan istirahat yang cukup, sehingga kita tetap berusaha agar JCH ini bisa tenang selama perjalanan, karena kalau di asrama haji menumpuk-numpuk nantinya akan berpengaruh terhadap JCH kita," ungkapnya.

Bentuk pelayanan yang diberikan Pemkab Kepulauan Meranti diakui oleh Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Kepulauan Meranti, Darwison. Menurutnya layanan yang luar biasa ini melebihi dari apa yang diberikan oleh kabupaten kota lainnya.

"Saya melihat dari tahun ketahun pelayanan yang diberikan oleh Kabupaten Meranti terus meningkat," kata Darwison. (int/nol)

Ikuti Terus Riauin

Berita Terkait

Berita Terpopuler