Kanal

Puluhan Pejabat Meranti Belum Diklat Pim

SELATPANJANG - Puluhan pejabat di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kepulauan Meranti belum melaksanakan diklat pim. Baik pejabat eselon II, III dan IV.

Seperti ditegaskan Kepala Bidang Diklat Dinas Kepegawaian, Pelatihan dan Pendidikan (BKPP), Syafrizal saat ditemui di ruangannya. Menurutnya kondisi masih banyaknya pejabat yang belum diklat PIM diakibatkan kondisi Kepulauan Meranti masih menjadi daerah baru.

"Memang idealnya sesuai aturan sebelum menduduki jabatan eselon, pejabat harus terlebih dahulu melakukan diklat PIM sesuai dengan eselon yang dijabatnya. Seperti pejabat eselon II, sebelum dilantik, harus terlebih dahulu diklat pim II. Begitu juga diklat pim III dan diklat pim IV. Karena diklat pim menjadi syarat menduduki jabatan eselon tersebut," jelasnya.

Namun karena kondisi keterbatasan, maka masih banyak pejabat yang belum melaksanakan diklat pim. Secara rinci Syafrizal tidak mengetahuinya, namun ditegaskannya jumlah pejabat yang belum diklat pim jumlahnya puluhan orang.

Meski begitu pada tahun ini ada 6 orang yang akan melaksanakan diklat pim III. Pelaksanaannya tinggal menunggu surat panggilan dari Kementerian Dalam Negeri.

Dikatakan Syafrizal, sebelum menduduki jabatan eselon harus diberikan terlebih dahulu pendidikannya. Setelah itu baru menduduki jabatannya. Selain pelaksanaan diklat pim III, Pemkab Meranti melalui BKPP akan mengusulkan 10 orang untuk mengikuti diklat pim II kepada Kemendagri.(*)

Ikuti Terus Riauin

Berita Terkait

Berita Terpopuler