Kanal

Caleg NasDem Husni Thamrin Optimis Lolos ke Senayan

RIAUIN.COM - Caleg DPR RI dari Partai NasDem Husni Thamrin menyatakan pihaknya optimis meraih kursi dari daerah pemilihan (Dapil) Riau 2. Menurut Husni, NasDem mendapat 134.882 suara di Dapil tersebut.

Total suara tersebut berdasarkan dokumen C1 yang terkumpul dari seluruh saksi di lima kabupaten, meliputi Pelalawan, Kampar, Kuantan Singingi, Indragiri Hulu dan Indragiri Hilir. 

Menanggapi tim caleg DPR RI dari partai lain yang mengklaim sudah meraih kursi ke-6, Husni Thamrin minta dibuka kotak suara di sejumlah TPS di Kabupaten Kampar. Tujuannya untuk memastikan perolehan suara yang diklaim partai lain.

"NasDem sudah menghitung, suara kita sudah tinggi, atau kursi ke-6," kata Husni. 

Sementara Ketua Bappilu DPW NasDem Riau Dedi Harianto Lubis menyatakan berdasarkan perhitungan internal NasDem, kursi di dapil Riau 2 itu dikuasai Golkar, PDIP, Gerindra, PKB, PKS dan NasDem.

Perebutan kursi pemilihan legislatif 2024 ini sangat ketat, beberapa inkumben tidak dapat mempertahankan kursinya, begitu juga beberapa partai tidak dapat mempertahankan suaranya.

Selain itu, jumlah suara partai dan caleg kali ini sangat signifikan, meningkat dari pemilu 2019. Namun, Dedi meyakinkan Husni Thamrin lolos ke Senayan setelah mendapat rekap internal yang terkumpul dari seluruh saksi.

"NasDem yakin Husni Thamrin lolos. Data C1 membuktikan suaranya melampaui caleg lain. Tugas kami sekarang mengawal perolehan suara itu," kata Dedi. 

Sementara untuk caleg DPR RI Dapil Riau 1, NasDem juga masih melakukan rekapitulasi dan pengawalan suara untuk memastikan meraih kursi di wilayah tersebut. (rls)

Ikuti Terus Riauin

Berita Terkait

Berita Terpopuler