Kanal

KPU Pekanbaru Gelar Rapat Pleno Penghitungan Suara Pemilu 2024

RIAUIN.COM - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Pekanbaru menggelar Rapat Pleno Terbuka penghitungan perolehan suara tingkat kota Pemilihan Umum 2024, Rabu (28/2/2024).

Ketua KPU Kota Pekanbaru, Anton Merciyanto mengatakan, sebanyak 12 dari 15 Kecamatan di Kota Pekanbaru telah menyelesaikan pleno rekapitulasi. Sementara 3 kecamatan lainnya masih merampungkan penghitungan.

"Hari ini kita melaksanakan rapat pleno perdana terbuka tingkat Kota Pekanbaru. Pleno kita laksanakan secara berurutan Pemilu dan dibagi tiga sesi. Hari pertama 6 kecamatan, hari kedua 6 kecamatan dan 3 kecamatan di hari ketiga," kata Anton Merciyanto.

Dijelaskan Anton, pleno terbuka rekapitulasi perolehan suara Pemilu serentak 2024 ini rencananya ditargetkan selesai selama 3 hari. Pleno ini dilaksanakan secara berurutan dimulai dari Pemilu Presiden dan Wakil Presiden, DPR, DPD, DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten/Kota.

Pada hari pertama ini akan diselenggarakan penghitungan suara Kecamatan Rumbai Barat, Rumbai Timur, Sukajadi, Sail, Pekanbaru Kota dan Limapuluh.

"Kemudian dilanjutkan dengan Kecamatan Kulim, Rumbai, Senapelan, Bina Widya, Marpoyan damai dan Tuah madani," jelas Anton.

Hari terakhir akan dilaksanakan penghitungan Kecamatan Payung Sekaki, Bukit Raya dan Tuah Madani.

Dari 15 Kecamatan yang ada di Kota Pekanbaru, hingga saat ini baru 12 kecamatan yang telah merampungkan pleno rekapitulasi tingkat PPK. Sementara tiga kecamatan lainnya sedang merampungkan proses penghitungan suara.

"Kecamatan yang belum selesai merupakan kecamatan yang paling banyak TPS nya, melebihi 300 TPS. Kita mulai pleno ini dari kecamatan yang duluan selesai hingga kecamatan yang terakhir nantinya. Kita targetkan selesai pleno tingkat kota ini tanggal 1 Maret 2024 esok," pungkasnya.-dnr

 

Ikuti Terus Riauin

Berita Terkait

Berita Terpopuler