Kanal

Dua Pekan Terakhir, Total 70 Hektar Lahan di Dumai dan Bengkalis Terbakar

RIAUIN.COM - Total sekitar 70 hektare lahan terbakar di perbatasan Kota Dumai dan Kabupaten Bengkalis dalam kurun waktu dua pekan terakhir.

Kapolres Dumai AKBP Nurhadi Ismanto menyebutkan, hingga hari ini pihaknya masih melakukan pendinginan. Sebelumnya kebakaran sempat padam namun kembali melebar akibat angin kencang.

"Ini hari ke-15 kita melakukan pendinginan di lokasi Karhutla di wilayah Dumai. Saat ini hanya tinggal asap, walaupun kemarin sempat naik lagi karena angin kencang dan cuaca terik sampai 37 derajat," sebutnya kepada awak media di Mapolda Riau, Kamis (4/5/2023).

Untuk mencegah makin luasnya lahan yang terbakar, Satgas karhutla telah menggali parit selebar 2 meter. Selain itu pagi ini yang tersisa hanya sedikit asap.

"Tadi malam tujuh titik api terdeteksi di TKP yang sama, namun pagi ini sudah nihil," lanjutnya.

Penyelidikan sementara lahan tersebut merupakan milik dari kelompok tani. Pihaknya telah memeriksa ketua kelompok tani namun belum bisa dipastikan batas-batas milik kelompoknya.

"Ini masih kita dalami, namun namanya sudah didata dan akan diperiksa semua," tutur Nurhadi.

Selain itu, dalamnya tanah gambut membuat pihaknya kesulitan dalam memadamkan api. Dikatakannya, gambut di lahan tersebut hampir 2 meter dalamnya.

Ditambah lagi di lokasi karhutla memang tak ada hujan dalam beberapa waktu ini. Teriknya cuaca di lokasi membuat proses pemadaman semakin sulit.

"Inilah kadang-kadang walaupun sudah kita padamkan, namun saat kena angin masih menyala lagi," paparnya.

Lanjut Nurhadi, pihaknya telah mendatangkan saksi ahli dari IPB yaitu Profesor Bambang Heru untuk mempelajari lokasi kebakaran guna mengetahui secara spesifik ntifik kejadian ini terjadi akibat disengaja atau tidak.-dnr

Ikuti Terus Riauin

Berita Terkait

Berita Terpopuler