Kanal

Lebihi Target, Baznas Bengkalis Kumpulkan Zakat Rp5 Miliar di Tahun 2020

RIAUIN.COM - Sepanjang tahun 2020 lalu, Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Bengkalis berhasil mengumpulkan zakat sekitar Rp5 miliar lebih. Dana sebesar itu dibagikan  kepada warga yang kurang mampu.

Ketua Baznas Kabupaten Bengkalis Ustadz Ali Ambar menjelaskan, dari hasil kumulatif pada tahun 2020 pengumpulan Zakat, Infak dan Sedekah  terhitung sebesar Rp5 miliar. Dengan rincian Rp3 miliar dari masyarakat Bengkalis dan Rp2 miiar dari Baznas Provovinsi Riau.

"Alhamdullilah, sekitar Rp5 miliar zakat yang kita kumpulkan tahun lalu. Rp2 miliar diantaranya dari Pemprov Riau. Dana itu telah kita bagikan kepada warga yang berhak menerimanya," kata Ali kepada Riauin.com, Selasa, (9/2/2021).

Anggaran Rp2 miliar dari Baznas Provinsi Riau, lanjut Ali, diperuntukkan khusus untuk program pulau zakat di Rupat dan Rupat Utara dengan 3 bidang penanggung jawab yakni Bidang Ekonomi, Dakwah dan Pendidikan.

"Pendistribusian untuk pulau zakat akan kita laksanakan pada tahun 2021 ini, karena sisa waktu 2020 terlalu sempit untuk menyalurkan bantuan," jelasnya.

Sedangkan dana Zakat, Infak dan Sadaqah dari masyarakat Bengkalis telah disalurkan melalui beberapa program yang di taja oleh Bidang Ekonomi, Pendidikan, Kesehatan, Dakwah dan Advokasi serta Kemanusiaan terutama pada masa pandemi Covid-19. 

"Alhamdulillah, atas kepercayaan masyarakat Bengkalis target 2020 melebihi yang diperkirakan dari Rp2 miliar,  dana tersebut telah disalurkan kepada yang berhak menerima," jelasnya.

"Terima kasih kepada Muzaki dan Munfik Baznas Provinsi Riau dan jajaran Pemkab Bengkalis atas kepercayaannya kepada Baznas Bengkalis," pungkas Ali.--mahfud.

Ikuti Terus Riauin

Berita Terkait

Berita Terpopuler