Kanal

Viral, Jenazah Gadis 12 Tahun Tiba-tiba Hidup Kembali Saat Dimandikan

RIAUIN.COM - Publik di Probolinggo, Jawa Timur, dihebohkan dengan hidupnya jenazah seorang gadis 12 tahun saat dimandikan. Peristiwa ini terjadi di Desa Lambangkuning, Lumbang, Probolinggo, Jawa Timur.

Sebelumnya, seorang gadis berumur 12 tahun bernama Siti Masfufah Wardah, di Probolinggo dinyatakan meninggal dunia setelah sempat mendapatkan perawatan di RSUD dr Mochammad Saleh.

Remaja itu membuka mata dan berkedip saat dimandikan. Melihat hal itu pun pihak keluarga membawanya lagi ke dalam rumah.

Tetapi sejam berselang, remaja itu kembali tak sadarkan diri. Setelah dicek, remaja tersebut kembali dinyatakan meninggal dunia.

Dr Edi Suyanto SpF SH MH Kes, Kepala Departemen Kedokteran Forensik dan Medikolegal RSUD dr Sutomo FKUA Unair menjelaskan, ilmu yang dimaksud disebut sebagai ilmu Tanatologi. Ilmu tersebut, intinya menjelaskan tentang perubahan-perubahan pada jasad orang yang meninggal.

Ia pun menyebut, ada 3 sistem yang dapat dijadikan ukuran menyangkut hidup atau matinya seseorang. Ketiga sistem tersebut antara lain, sistem pembuluh darah atau kardiovaskuler, sistem pernafasan dan sistem saraf pusat.

"Tiga sistem itu lah yang menentukan orang dikatakan hidup atau mati. Yakni, berhentinya sistem pembuluh darah, berhentinya sistem pernafasan dan berhentinya sistem saraf pusat," ujarnya saat dikonfirmasi merdeka.com.

Ia menambahkan, selain 3 sistem tersebut, ada tanda lain yang dapat dilihat secara kasat mata. Tanda tersebut adalah, keluarnya lebam pada mayat, terhitung 30 menit ia meninggal. Ia pun mengingatkan, lebam yang dimaksud berbeda dengan memar. - gha

Ikuti Terus Riauin

Berita Terkait

Berita Terpopuler